Pertama Kali, Dewan HAM PBB Keluarkan Resolusi Terkait Pemukiman Ilegal Zionis

SHARE & LIKE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •  

Dewan Hak Asasi Manusia PBB menyetujui resolusi yang memerintahkan penyelidikan terhadap dampak pembangunan pemukiman israel terhadap hak-hak warga Palestina. Ini merupakan kali pertama Dewan HAM PBB mengeluarkan resolusi terkait aktivitas israel membangun pemukiman ilegal untuk warga Yahudi di wilayah pendudukannya di Palestina.

Resolusi disahkan melalui voting anggota Dewan HAM PBB dengan dukungan 36 suara, 10 suara abstain dan negara AS menjadi satu-satunya suara yang menolak voting.

Resolusi disampaikan oleh utusan negara Pakistan ke Dewan HAM PBB. Utusan Pakistan itu mengecam israel yang terus memperluas pemukiman ilegalnya di wilayah Palestina. Ia mengatakan, pemukiman-pemukiman israel yang dibangun di wilayah pendudukannya di Palestina merupakan pelanggaran hukum internasional, hukum hak asasi manusia, dan konvensi Jenewa dimana israel ikut menandatangi konvensi itu.

Resolusi yang ditetapkan Dewan HAM PBB menuntut israel untuk menghentikan aksi-aksi kekerasan yang makin meluas dan berbahaya, yang dilakukan oleh para pemukim Yahudi terhadap warga Palestina dan tanah milik warga Palestina di wilayah pendudukan israel , termasuk di Yerusalem.

Resolusi juga menuntut rezim zionis israel untuk menarik kembali kebijakan tentang pembangunan pemukiman dan ekspansinya ke wilayah pendudukan di Palestina, termasuk di Yerusalem Timur.

Dalam resolusi tersebut, Dewan HAM PBB juga mengecam keputusan rezim israel  baru-baru ini, untuk membangun lebih banyak lagi rumah-rumah untuk pemukim Yahudi di wilayah Palestina.

Negara-negara anggota Dewan HAM PBB sudah mengantisipasi kemungkinan AS menjegal resolusi itu. Sehingga resolusi yang memerintahkan penyelidikan atas dampak pembangunan pemukiman israel terhadap hak warga Palestina akhirnya mendapat dukungan dari mayoritas suara.

AS, satu-satunya negara anggota Dewan HAM PBB yang menolak resolusi itu berdalih bahwa negara AS merasa terganggu dengan resolusi yang dinilainya bias terhadap israel . “Resolusi semacam ini hanya akan menimbulkan kerumitan yang lebih dalam, bagi upaya untuk melanjutkan pembicaraan damai antara israel dan Palestina,” demikian alasan AS.

Utusan AS di Jenewa menyatakan resolusi yang baru disahkan Dewan HAM PBB tidak fair dan tidak adil bagi israel . “Dewan HAM sudah bersikap diskriminatif terhadap israel . Upaya-upaya untuk menciptakan sebuah dewan di PBB yang tujuannya hanya untuk menentang israel, tidak akan mendorong perdamaian dah hanya akan menyebabkan israel dan Palestina makin berjauhan,” tukas utusan AS di Jenewa.

“Meski faktanya AS menentang aktivitas pembangunan pemukiman ilegal oleh israel , AS prihatin atas resolusi sepihak terhadap israel ,” sambungnya.

Duta Besar Israe di Jenewa, Roni Leshno Yaar juga mengkritik resolusi Dewan HAM PBB. Ia menyatakan, resolusi itu bermotifkan politik yang bertujuan untuk mengisolasi israel.

“Saya terkjeut dengan keluarnya resolusi yang tidak sah dan sama sekali tidak membantu (upaya perdamaian israel-Palestina) ini. Resolusi ini hanya akan memicu ketegangan yang lebih luas, yang selama ini sudah meledak di pemukiman-pemukiman ilegal israel,” ujar Leshno Yaar.

Namun Duta Besar Palestina di PBB, Ibrahim Khreisha menolak semua pernyataan dubes israel itu. Khreisha mengatakan, tak seorang pun di Dewan HAM PBB yang berniat untuk mengisolasi israel, tapi karena pemerintahan zionis israel tidak juga menghentikan tindakannya merampas tanah milik warga Palestina untuk keperluan perluasan pemukiman-pemukiman Yahudi.

“Solusi dua negara tidak bisa diimplementasikan di tenga situasi sekarang ini dan di tengah kebijakan-kebijakan ilegal israel di Palestina. israel si penjajah, harus dikutuk karena pelanggaran-pelanggara hukum internasional yang dilakukannya, dan pelanggaran terhadap semua prinsip dan deklarasai hak asasi manusia,” tandas Khreisha.

.

(KNRP)

Tulisan berjudul Pertama Kali, Dewan HAM PBB Keluarkan Resolusi Terkait Pemukiman Ilegal Zionis terakhir diperbaharui pada Tuesday 27 March 2012 oleh Pejuang Ahlussunnah di Ngaji Yuk! - Kajian Ceramah Islam Ahlussunnah wal Jamaah.


One thought on “Pertama Kali, Dewan HAM PBB Keluarkan Resolusi Terkait Pemukiman Ilegal Zionis

Post Comment