Alhamdulillah, Masjid Agung Surakarta Seragamkan Tarawih 20 Raka’at Mulai Ramadhan 1434 H Tahun Ini

SHARE & LIKE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •  

Bagi Anda yang pernah datang untuk melaksanakan salat sunah tarawih di Masjid Agung Surakarta, mulai tahun ini akan ada pemandangan berbeda. Anda tidak akan menemukan lagi dua salat tarawih yang dilaksanakan bersamaan dalam satu kompleks masjid. Takmir memutuskan ‘menggabungkan’ jamaah dengan metode khusus.

Selama ini jika bulan Ramadan tiba, pelaksanaan salat tarawih di Masjid Agung Surakarta dilakukan dua kali setiap malamnya. Untuk jamaah masjid yang melaksanakan salat tarawih 20 rakaat dilakukan di bangunan utama masjid, sedangkan yang melaksanakan tarawih 8 rakaat diadakan di serambi. Hal tersebut telah berlangsung bertahun-tahun di masjid peninggalan Keraton Surakarta itu.

Namun mulai tahun ini, ‘dualisme’ tarawih itu akan diakhiri. Takmir masjid memutuskan untuk mempersatukannya. Caranya adalah dengan menyiapkan tarawih 20 rekaat dengan seorang imam. Jamaah yang hendak menjalankan 8 rakaat bisa berhenti ketika rakaat kedelapan. Jamaah juga diberi waktu untuk menjalankan sholat sunah witir sebelum imam melanjutkan memimpin tarawih lagi.

“Metode ini agar tarawih bisa dilakukan bersama. Bagi yang ingin 20 rakaat dipersilakan, sedangkan yang ingin 8 rakaat juga bisa. Tarawih akan dipimpim imam penghapal Alquran. Setiap malam akan menyelesaikan bacaan Alquran sebanyak 1 juz sehingga selama sebulan akan mengkhatamkan Alquran,” ujar Sekretaris Takmir Masjid Agung Surakarta, Abdul Basyid Adnan, Senin (8/7/2013).

Metode tersebut mendapat apresiasi dari ulama setempat. Ketua MUI Surakarta, Zainal Arifin Adnan, menyebut metode yang diterapkan takmir Masjdi Agung itu sebagai cerminan sikap toleran dan akomodatif terhadap perbedaan pendapat yang berkembang di tengah umat.

“Masjid Agung memang harus bisa mengakomodasi semua kepentingan umat yang masing-masing memiliki dasar yang kuat. Cara yang dilakukan takmir itu cukup bagus dan menunjukkan sikap toleran dan akomodatif,” ujar Zainal.

Tulisan berjudul Alhamdulillah, Masjid Agung Surakarta Seragamkan Tarawih 20 Raka’at Mulai Ramadhan 1434 H Tahun Ini terakhir diperbaharui pada Tuesday 9 July 2013 oleh Pejuang Ahlussunnah di Ngaji Yuk! - Kajian Ceramah Islam Ahlussunnah wal Jamaah.


Post Comment