Para Pejuang Online Dakwah Ahlussunnah se-Indonesia Bertemu Dalam Silatnas 1 Owner dan Admin Website ASWAJA

SHARE & LIKE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •  

Para pejuang online dakwah Islam ahlussunnah wal jama’ah untuk pertama kalinya mengadakan pertemuan dalam acara Silaturahim Nasional (Silatnas) 1 Owner dan Admin Website Islam Ahlussunnah wal Jama’ah (Aswaja)  pada Jum’at-Sabtu, 6-7 September 2013.

Owner dan Admin Website Aswaja merupakan perkumpulan pemilik dan admin situs-situs Islam ahlussunnah yang beranggotakan anak-anak muda Nahdlatul Ulama (NU) yang memiliki visi misi memperjuangkan dan mempertahankan tradisi-tradisi Ahlussunah wal Jamaah dari serangan kelompok luar dan memperkanalkan Islam yang Rahmatan Lil ‘Alamin khususnya yang terjadi di dunia maya.

Acara yang bertempat di Fakultas Tarbiyah, Lantai 3 Kampus Universitas Sains al-Qur’an(UNSIQ) Kalibeber Jl. Raya Kalibeber Km 3 – Wonosobo Jawa Tengah ini digelar bersamaan dengan Rapat Pleno PBNU.

Hadir sebagai narasumber dalam silaturahim nasional tersebut antara lain H. Abdul Hamid Wahid MA (Anggota DPR RI) dan M. Sulton Fathoni (Wasekjen PBNU) yang menyampaikan materi seputar NU dan Kebangsaan serta Urgensi Empat Pilar “PBNU”-Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945-.

Sementara itu Dr. Agus Zainal Arifin atau yang akrab dipanggil Gus Ipin -dekan Tenik Informatika ITS yang juga Wakil Ketua Rabithah Ma’had Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (RMI PBNU) menyampaikan makalahnya yang berjudul “Peran dan Dakwah Aswaja di internet”.

Silaturahmi Nasional Admin Website ASWAJA
Wakil Ketua Rabithah Ma'had Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (RMI PBNU) Agus Arifin Zaenal atau yang akrab disapa Gus Ipin, menyampaikan paparan dalam Silaturahmi Nasional I Owner dan Admin Website Aswaja di Kampus Fakultas Tarbiyah, Universitas Sains Al Quran (UNSIQ), Kalibeber, Wonosobo, Jawa Tengah, Sabtu (7/9/2013). Foto: Okezone.com.

Tidak ketinggalan pula, sebagai narasumber adalah Katib Syuriyah PBNU KH Yahya Cholil Tsaquf (Gus Yahya) yang menyampaikan pesan kepada para pemilik dan admin website Islam Ahlussunnah bahwa aktivitas di “dunia maya” harus dilakukan dengan niat untuk membangun peradaban yang lebih baik dan aktivitas dunia maya tidak perlu dimaksudkan untuk menghilangkan eksistensi pihak dan kelompok lain.

“Sejarah telah mencatat bahwa kelompok dan pihak manapun yang dalam gerakan dakwahnya memiliki unsur melenyapkan pihak atau kelompok lain selalu menemui kegagalan,” katanya.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Persaudaraan Profesional Muslim (PPM) Aswaja ini dihadiri para pejuang online dakwah Islam ahlussunnah se-Indonesia seperti Tim ASWAJA IT Developer dari Solo (www.aswajacenter.com), Tim Sarkub Yogyakarta (www.sarkub.com), Tim PISS-KTB (Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah-Kenapa Takut Bid’ah) dari Madura (www.piss-ktb.com), Warkop Mbah Lalar dari Rembang (www.warkopmbahlalar.com), Terong Gosong dari Mojokerto (www.teronggosong.com), Pondok Pesantren Assalafiyyah Mlangi Yogyakarta (www.as-salafiyyah.com), TV9 Surabaya (www.tv9.co.id), Cyberdakwah dari Situbondo (www.cyberdakwah.com), Admin Majelis Ar-Raudhah Solo (www.ar-raudhah.info) dan Majelis Ahbaabul Musthofa Habib Syech dari Surakarta (www.ahbaabulmusthofa.org), Admin Blog Sklaten dari Klaten (sklaten.blogspot.com), Perwakilan Redaksi Muslimeda News (www.muslimedianews.com), Perwakilan Ngaji Yuk! (www.elhooda.net), serta penggiat dan pecinta dakwah online ahlussunnah dari beberapa kota lain seperti Jakarta, Bogor, Cilacap, Malang, Banten, Pasuruan, Jombang, Semarang, dan sebagainya.

Dalam acara tersebut, para paserta banyak berdiskusi dan sharing sesama pengelola website Ahlussunnah, khususnya terkait dakwah di dunia maya.

Menutup sesi akhir acara, Hari Usmayadi yang lebih dikenal dengan sapaan Cak Usma, Ketua PPM Aswaja menyampaikan laporannya tentang poin-poin penting kesepakatan dan rencana aksi hasil diskusi dan brainstorming peserta antara lain terkait antusiasme peserta perwakilan ratusan anggota PPM Aswaja yang tersebar diseluruh wilayah.

Selain itu direkomendasikan perlunya koordinasi dan kekompakkan berdakwah di dunia internet serta perlunya dukungan pelatihan dan pengayaan konten web Aswaja yang mudah dan bisa diterima oleh semua kelompok dan segmen pengunjung web.

Tulisan berjudul Para Pejuang Online Dakwah Ahlussunnah se-Indonesia Bertemu Dalam Silatnas 1 Owner dan Admin Website ASWAJA terakhir diperbaharui pada Monday 9 September 2013 oleh Pejuang Ahlussunnah di Ngaji Yuk! - Kajian Ceramah Islam Ahlussunnah wal Jamaah.


Post Comment