Fadhilah Kalimat Bismillahir Rahmanir Rahim (بسم الله الرحمن الرحيم)

SHARE & LIKE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •  

[Klik pada gambar untuk melihat video Bismillah]

بسم الله الرحمنِ الرحيم. الحمد لله رب العالمين وصلى الله على سيدنا محمد النبي الأمي وآله الطاهرين وصحابته أجمعين

Kebanyakan kita mengucapkan Bismillah tetapi tidak tahu akan nilai sesungguhnya kalimat tersebut. Apa maksud kita mengucapkan Bismillahir Rahmanir Rahim (بسم الله الرحمن الرحيم)  saat kita bergerak, minum, makan, berdiri, ketika hendak masuk atau keluar, dalam tulisan-tulisan, surat, dan dalam semua urusan sehai-hari kita.

Maksudnya begitu indah sekali, pertama kita dapat merasakan kita mencontoh Allah SWT. Allah membuka kalamNya dengan menyebutkan kalimah Bismillahir Rahmanir Rahim. Sebutan ini merupakan satu tiket anugerah agar kita praktekan dalam amalan keseharian dan menikmati seluruh kebaikan. Jika kita memahaminya kita akan tahu kenapa Rasul kesayangan kita Nabi Muhammad SAW begitu memperhatikan membaca Bismillahir Rahmanir Rahim di setiap waktu dan keadaan. Bahkan Rasulullah SAW sampai bersabda: “Setiap perkara penting yang tidak diawali dengan Bismillah maka dia terputus atau cacat atau terpotong”. Setiap manusia apabila melakukan sesuatu yang dirasakan olehnya menurut Allah SWT dan rasulNya SAW, akan merasakannya begitu bernilai. Maksudnya indah.

Kita rasakan, nama Allah SWT adalah satu anugerah atau teknik yang diberikan kepada kita. Satu anugerah yang dapat kita gunakan dalam mengatasi semua perkara yang ada di dunia ini, semua ciptaan adalah milik Tuhan, bumi, langit, kejadian, material, peralatan, dan cahaya. Semuanya adalah ciptaan Tuhan kita Allah SWT. Jika kita atasi alam ini dengan nama Allah SWT bagaikan kita membuka seluruh peti harta karun yang terdapat di dalam setiap dzarrah yang ada di dunia ini.

Maha Suci Allah SWT, setiap perkara itu ada hikmah, kebaikan, dan keberkahannya. Seluruh ciptaan Allah SWT mempunyai misteri. Jika kita atasi urusan tersebut atau urusan kerja atau alam ini dengan menyebut Bismillah, maka Allah SWT akan memuliakan kita dengan anugerah keberkahan dariNya.

Kalau salah seorang dari anda membaca:

بِسْمِ اللَّهِ الذي لَا يَضُرُّ مع اسْمِهِ شَيْءٌ في الأرض ولا في السَّمَاءِ وهو السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillahilladzi la yadhurru ma’asmihi syai’un fil ardhi wa la fis sama-i wa huwas sami’ul ‘alim

Artinya; Dengan Bismillah (menyebut nama Allah) yang dengan namaNya tidak akan ada kemudharatan di bumi (dunia) atau di langit. Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Tidak akan ada kemudharatan baginya. Bacaan ini dinyatakan oleh Rasulullah SAW.

Rasul kesayangan kita Nabi Muhammad SAW begitu minat dan suka dengan bacaan Basmalah ini sampai-sampai pada suatu hari Beliau membacanya dalam shalat. Membaca: Bismillahir Rahmanir Rahim dan mengulanginya sekali lagi Bismillahir Rahmanir Rahim dan mengulanginya sampai 20 kali dalam satu waktu. Saya tidak tahu apa yang dirasakan oleh Rasulullah SAW ketika Beliau mengulangi bacaan Basmalah tersebut. Saya begitu mengharapkan ada diantara kita merasakan emosi seperti itu. Dia dapat merasakan emosi tersebut, mengethui nilai Basmalah. Lalu menjadi teman sepanjang kehidupannya.

Basmalah, Maha Suci Allah, satu dzikir yang digunakan untuk semua perkara. Anda mempunyai perkara yang hendak diselesaikan, jika seseorang itu lupa do’a atau dzikir yang sesuai dibaca pada suatu tempat maka bacalah dengan Bismillah, karena Bismillah dibaca pada permulaan semua do’a, dzikir, dan aktivitas, dengan membaca Bismillahir Rahmanir Rahim.

Seakan-akan Bismillahir Rahmanir Rahim adalah kunci milik Allah SWT yang akan diberikan kepada kita, yang dengannya kita dapat membuka seluruh pintu kebaikan. Mengambi manfaat dari setiap ciptaan dan kejadian yang terjadi di sekeliling anda, menjauhkan diri anda dari segala bahaya yang dapat terjadi di sekeliling anda.

Apabila manusia dapat merasakan emosi tersebut, dia takkan lupa dan lalai dari membaca Basmalah, bahkan akan hidup dengan penuh bermakna merasakan kelezatan iman yang bermutu tinggi. Seperti seseorang yang hendak bepergian (musafir) takkan dapat melakukannya melainkan dia mempunyai passport, mustahil dia lupa, lupa akan passport, karena dengannya di lalui satu negara ke negara yang lain begitu juga apabila naik kendaraan. Kartu, lisensi, dan semua kemudahan tersebut adalah satu keberangkatan atau sebab mereka sampai ke suatu tujuan. Manusia takkan lupa nilai dan pentingnya hal tersebut.

Sekiranya manusia pikirkan yang dia miliki Bismillah, dia akan dapat keberkahan dari seluruh amalannya dan terhindar dari seluruh kemudharatan setiap kali membacanya. Bacaan Basmalah juga mempunyai pahala yang besar karena termasuk salah satu ayat al-Qur’an. Satu huruf Ba pahalanya 10 kali hingga 700 kali kebaikan. Bismillahir Rahmanir Rahim terdiri dari 19 huruf yang mengandung 190 kebaikan, setiap huruf kita gandakan sehingga dapat 700.000 kebaikan dari Allah SWT. Lihatlah berapa kali manusia membaca Basmalah dalam sehari, mungkin 50 kali, 100 kali, mungkin lebih dari itu dalam sehari.

Jika kita membiasakan dalam hidup kita dengan Bismillah, kita akan diliputi dengan nama Allah, yang Allah perintahkan kepada kita agar mengagungkanNya dengan firmanNya: “Bertasbihlah dengan nama Tuhanmu yang Maha Tinggi”. Jika kita mengagungkan dan menyucikanNya, dan kita terikat dengan namaNya, kita akan hidup berbeda, kita dan seluruh alam akan harmoni karena kita harmoni dengan Allah SWT.

Di sini kita baru tahu nilai ajaran Rasulullah SAW. Benar, manusia terikat dengan sunnah ini ketika malam, siang, atau ketika dalam keadaan sendiran atau di keramaian Maka kita terhubung degan sunnah nabi yang senantiasa diulanginya sehingga memperkuat hubungannya dengan Rasulullah SAW, mendapat manfaat yang besar dan pahala di sisi Allah SWT. Lihatlah nilai fadhilah kalimat yang mudah yang terdiri dari huruf-huruf yang mudah: Bismillahir Rahmanir Rahim.

YouTube Preview Image

Tulisan berjudul Fadhilah Kalimat Bismillahir Rahmanir Rahim (بسم الله الرحمن الرحيم) terakhir diperbaharui pada Thursday 24 October 2013 oleh Pejuang Ahlussunnah di Ngaji Yuk! - Kajian Ceramah Islam Ahlussunnah wal Jamaah.


Post Comment