Hukum Mencintai Lawan Jenis Yang Bukan Mahromnya

SHARE & LIKE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •  

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum Buya, saya seorang siswi. Menginjak remaja sudah tidak asing lagi jika kita mengenal sosok laki-laki. Bagaimana hukumnya menyukai lawan jenis yang belum mahromnya? dan bagaimana cara untuk menghidari agar kita tidak terjerumus kepada zina?

Syukron Buya

Buya Yahya Menjawab:

Wa’alikumsalam Wr.WB.

Saudariku,

Rasa cinta dan suka adalah karunia dari Allah SWT. Allah telah menjadikan ada daya tarik diantara lawan jenis bahkan Allah juga memerintahkan menuntun bagaimana agar diantara lawan jenis yang saling membutuhkan itu bisa saling memenuhi kebutuhannya. Artinya cinta lawan jenis itu normal dan karunia dari Allah SWT. Akan tetapi yang akan menjadi masalah adalah jika kecenderungan, kebutuhan dan cinta kepada lawan jenis yang merupakan karunia dari Allah itu diumbar begitu saja tanpa dikontrol oleh syariat. Maka yang terjadi adalah kesalahan, kepalsuan dalam mengabdikan dan cinta.

Cara baik untuk menyikapi cinta dan kecenderungan yang ada dalam hati adalah dengan:

  1. Semakin dekat kepada Allah agar tidak terpeleset d idalam perjalanannya, di dalam mengabdikan cintanya.
  2. Senantiasa sadar bahwa setiap orang ingin bahagia dengan cinta. Dan hanya Allah lah pencipta kebahagiaan maka tidak ada kebahagiaan dalam cinta yang sesungguhnya jika dibarengi dengan pelanggaran kepada sang pencipta cinta Allah SWT.
  3. Waspadalah dengan hawa nafsu dan syetan yang sering menyamar sebagai cinta hingga banyaklah orang terjerumus dalam zina karena hawa nafsu dan bukan karena cinta yg sesungguhnya.
  4. Bepikir prakstis dan cerdas, sudahkah tiba waktunya anda untuk mencintai, sebab yang menuruti cinta sebelum waktunya ia akan tersiksa dan akan mudah terjerumus dalam hawa nafsu semisal yang bermain cinta pada saat yang masih jauh dari masa pernikahan dan sebelum pernikahan.
  5. Yakin bahwa kecenderungan lawan jenis yang mengajak kepada kemaksiatan adalah ajakan syetan dan hawa nafsu dan bukan cinta.
  6. Mintalah perlindungan dari Allah agar di jauhkan dari zina.

Wallohu a’lam bishshowab

::selesai::

 

 

INGIN BERTANYA?
Silahkan kunjungi website Forum Tanya Jawab Buya Yahya.
Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah Al Bahjah Cirebon.
Jl. Pangeran Cakra Buana Kel. Sendang Blok. Gudang Air No. 179 Sumber – Cirebon 45611 Indonesia.

Tulisan berjudul Hukum Mencintai Lawan Jenis Yang Bukan Mahromnya terakhir diperbaharui pada Sunday 3 November 2013 oleh Pejuang Ahlussunnah di Ngaji Yuk! - Kajian Ceramah Islam Ahlussunnah wal Jamaah.


Post Comment