Tips Praktis Agar Segera Menikah

SHARE & LIKE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •  

Kita memiliki pasangan masing-masing, mula-mula berjauhan, kemudian bergerak saling mendekat, lalu ada yang dipersatukan dalam jarak dan waktu, namun ada yang berhenti dalam jarak yang tak terlalu jauh tapi tak bertemu atau bahkan ada yang makin menjauh. Bahkan jodoh kita sebenarnya sudah ada di depan mata, tapi karena amalan yang buruk sehingga kita tak segera dipersatukan.

Allah SWT senantiasa memberi pasangan hidup bagi setiap orang, namun tidak semua orang mudah menemukan belahan jiwanya, ada yang cepat ada yang lambat. Bagi yang dilambatkan, ini menjadi latihan kesabaran, jika mampu menghadapinya dan berserah diri kepada Allah maka akan dimudahkan bertemu jodohnya dan segera menikah. Di dalam Islam ada tips segera menikah, apa saja itu?

Berikut adalah tips agar segera menikah:

  1. Beramal shaleh, berbakti kepada orang tua, perbanyak shodaqoh, menolong orang dalam rangka meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan menjadi lebih baik, agar Allah memberikan pasangan yang memiliki kualitas yang juga sama tingkat kebaikannya. Firman Allah SWT: “Dan perempuan baik adalah untuk laki-laki baik dan laki-laki baik adalah untuk perempuan baik pula” (Qur’an Surat An-Nur: 26).
  2. Kepada jodoh, hendaknya jangan terlalu ideal, setiap orang punya kekurangan. Jadikanlah kita sebagai kriteria yang ideal. Jika kita mengharapkan jodoh yang baik maka jadilah orang yang baik, karena hati yang baik akan bertemu dan bersinergi dengan hati yang baik. Hati yang buruk akan berhimpin dengan hati yang buruk pula.
  3. Berdoa dan berprasangka baik kepada Allah. Dalam sebuah hadits qudsi disebutkan: “Aku selalu sesuai dengan persangkaan hambaKu kepadaKu. Dan Aku selalu menyertainya ketika ia berzikir kepadaKu. Dan jika ia ingat padaKu dalam jiwanya, maka Aku pun mengingatnya dalam DzatKu. Dan jika ia ingat padaKu ditempat ramai, Aku pun mengingatnya ditempat ramai yang lebih baik daripadanya. Jika ia mendekat padaKu sejengkal, Aku pun mendekat kepadanya sehasta. Jika ia mendekat sehasta, Aku pun mendekat kepadanya satu depa. Dan jika ia datang kepadaKu dengan berjalan, Aku pun akan datang kepadanya dengan berlari cepat”.

Dan ini adalah adalah salah satu do’a agar cepat mendapatkan jodoh:

رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

Robbi Inni Lima Anzalta Ilayya  Min Khoirin Faqir

“Wahai Tuhan, sungguh aku sangat faqir atas pemberian anugerahMu”.

Doa di atas adalah doa Nabi Musa AS, kemudian Nabi Musa AS didatangi calon istrinya dan sekaligus mendapat pekerjaan. Doa ini tercantum pada al-Qur’an Surat al-Qashash ayat 24. Mudah-mudahan bagi siapapun yang belum mendapatkan jodoh bisa segera mendapatkan jodoh yang baik dan menyenangkan. Semoga bermanfaat dan matur NUwun.

Tulisan berjudul Tips Praktis Agar Segera Menikah terakhir diperbaharui pada Thursday 28 November 2013 oleh Pejuang Ahlussunnah di Ngaji Yuk! - Kajian Ceramah Islam Ahlussunnah wal Jamaah.


Post Comment