Alhamdulillah, Film ‘SANG KIAI’ Sabet Film Terbaik dan Pemenang Piala Citra Terbanyak FFI 2013

SHARE & LIKE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •  

Kategori terakhir sekaligus yang paling bergengsi di malam penghargaan Piala Citra Festival Film Indonesia 2013 baru saja diumumkan langsung dari Marina Convention Center, Semarang, pada Minggu (8/12/2013) dini hari. Ajang puncak penghargaan untuk memilih insan-insan perfilman Indonesia yang disiarkan oleh SCTV pun usai.

Film “SANG KIAI” karya sutradara Roko Prijanto akhirnya dinobatkan sebagai Film Terbaik Piala Citra dalam Festival Film Indonesia 2013. Sang Kiai yang diproduksi oleh Rapi Film ini juga meraih tiga penghargaan dalam kategori lain yakni Sutradara Terbaik (Roko Prijanto), Peran Pendukung Pria Terbaik (Adipati Dolken), dan Penata Suara Terbaik (Khikmawan Santosa, M Ikhsan, Yusuf A Pattawari).

“Sang Kiai” berhasil menjadi pemenang mengungguli empat nominator lainnya yakni Belenggu (karya sutradara Upi Avianto), 5 Cm (Rizal Mantovani), Laura dan Marsha (Dinna Jasanti), serta Habibie dan Ainun (Faozan Rizal).

Film Sang Kiai juga berhasil menyabet peraihan Piala Citra terbanyak dengan empat piala, diikuti ‘Habibie & Ainun’ yang memenangkan tiga piala dari 8 nominasi. Sementara ‘Belenggu’ membawa pulang dua piala dari 13 nominasi.

Film “Sang Kiai” merupakan salah satu film terbaik yang pernah ada yang dibuat di Indonesia. Film ini mengisahkan tentang salah seorang ulama ahlussunnah wal jama’ah yang juga Rais Akbar Nahdlatul Ulama dan pejuang kemerdekaan Indonesia, Hadratusy Syaikh KH. Hasyim Asy’ari yang berjuang mempertahankan NKRI bersama para santri-santrinya yang diikuti oleh pondok-pondok pesantren di Nusantara.

Dengan fatwanya “Resolusi Jihad”, KH Hasyim Asy’ari mengimbau dan mengajak para santri pejuang untuk berjihad fisabillilah melawan penjajah yang kemudian melahirkan peristiwa perang besar Pertempuran Surabaya dalam melawan sekutu, yang dikenal sebagai Hari Pahlawan 10 November 1945.

Film yang dibintangi oleh Ikra Negara yang memerankan KH. Hasyim Asy’ari, Christine Hakim, Agus Kuncoro, Adipati Dolken, Meryza Batubara, Norman Akuwen, Dimas Aditya dan Suzuki Naburo ini juga terpilih dalam nominasi Film Asing Terbaik (Best Foreign Language) di ajang Piala Oscar 2014 di Hollywood Amerika Serikat.

 “Film ini akan kami bawa ke ajang piala Oscar di Hollywood mewakili Indonesia untuk kategori film asing terbaik pada 9 Desember 2013 nanti,” kata Gope Samtani, pemilik Rapi Film.

Film Sang Kiai Film Terbaik FFI 2013
Tokoh Nahdathul Ulama Solahuddin Wahid (kiri) bersama pendukung film Sang Kyai, Ikranegara (kedua kiri), Christine Hakim dan Agus Kuncoro menghadiri penayangan film Sang Kyai di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta (21/5). ANTARA/Teresia May/tempo.co

Kemengan Film Sang Kiai pun disambut gembira para pecinta film Indonesia. Berbagai kicauan menggema atas penganugerahan tersebut yang disambut dengan ucapan selamat atas keberhasilan Film Sang Kiai dalam menyabet penghargaan bergensi ini, seperti yang tertera dalam akun Twitter NU Online (@nu_online) berikut ini:

Akun @Kyai_blak2an misalnya mengatakan, Keberhasilan Film Sang KIAI di FFI 2013 tidak hanya utk para Kyai dan Warga Nadliyin, Tp milik semua Pejuang bangsa ini.

Akun @gpansorbanten berkicau, Khushushon ilaa hadratus syaikh Hasyim Asy’ari, alfatihah… #sangkiai #FFI2013.

Akun Rifqy ‏@rifqy_mochammad summa ila ruhi ustadi KH Hasyim As’ari bin hawa ghafarallahu dzunubahu syaiunlillahilahumulfatihah.

Terkait mewakili Indonesia di Piala Oscar ‏@alobatnic berkicau, Film SANG KIAI adalah film yang menggambarkan Indonesia seutuhnya, Bhineka Tunggal Ika. Cocok untuk bertarung di Oscar. 

Sementara @madanirgarcia berkata, Masuk nominasi Oscar memang sepantasnya buat film berdedikasi tinggi seperti Sang Kyai.

Bahkan, @Moh_Hammad berpendapat, Filem Sang Kiai Sang Filem Indonesia, nampaknya akan menang juga di Piala Oscar Holliwod tahun depan. Saya yakin itu. Congrats!

Sebelumnya, Remy Silado, salah seorang juri, mengatakan, kelima film yang menjadi nomine memiliki kualitas bagus dari berbagai aspek penilaian. “Semuanya layak mendapatkan piala citra,” ujarnya Jumat lalu. Dia mengklaim kualitas FFI tahun ini lebih bagus dari sebelumnya.

Tahun ini juga, FFI memperlombakan 53 judul film bioskop, 80 judul film dokumeneter pendek, 21 judul film dokumenter panjang, 119 judul film pendek, 75 judul film televisi, dan 93 judul film animasi pendek.

Jumlah film bioskop yang ikut diseleksi tahun ini lebih besar dari tahun 2012 dan 2011 yang masing-masing sebanyak 45 dan 41. Pada FFI kali ini pula untuk pertama kalinya diberikan penghargaan tertinggi untuk film animasi dan penata busana terbaik.

SELAMAT ATAS TERPILIHNYA ‘SANG KIAI’ SEBAGAI FILM TERBAIK INDONESIA TAHUN 2013

DOWNLOAD FILM SANG KIAI FULL MOVIE

Tulisan berjudul Alhamdulillah, Film ‘SANG KIAI’ Sabet Film Terbaik dan Pemenang Piala Citra Terbanyak FFI 2013 terakhir diperbaharui pada Thursday 30 January 2014 oleh Pejuang Ahlussunnah di Ngaji Yuk! - Kajian Ceramah Islam Ahlussunnah wal Jamaah.


10 thoughts on “Alhamdulillah, Film ‘SANG KIAI’ Sabet Film Terbaik dan Pemenang Piala Citra Terbanyak FFI 2013

Post Comment