Download Video Haul Akbar Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi 2014 di Masjid Ar-Riyadh Solo

SHARE & LIKE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •  

Ratusan ribu muslimin ahlussunnah pada Kamis, 20 Februari 2014 memadati kompleks area Masjid Ar-Riyadh, Semanggi, Pasar Kliwon, Solo. Sepanjang area masjid itu sampai Jl. Kapten Mulyadi Solo dipenuhi lautan manusia yang rela berdesak-desakan demi mengikuti pelaksanaan Haul Al-Imam Al-Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi (Muallif Simthuddurar). Mereka hadir tanpa undangan dan datang sendiri-sendiri maupun rombongan. Mereka berasal dari berbagai kota di Indonesia hanya untuk mendengarkan riwayat syiar dan dakwah ulama besar asal Hadramaut (Yaman) tersebut dan juga untuk mendapatkan keberkahan dari Shohibul Haul.

Di Indonesia, Majelis Haul Al-Imam Al-Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi merupakan haul terbesar kedua setelah haul Seiwun, Yaman. Pada tahun 2014 ini rangkaian acara haul ke-102 jatuh pada hari Rabu-Jum’at, 19-21 Februari 2014, sementara puncak haul jatuh pada Kamis pagi, 20 Februari 2014. Tercatat haul yang rutin diadakan setiap 20 Rabi’ul Akhir ini dihadiri tidak hanya oleh umat Islam di Nusantara saja tetapi dihadiri juga oleh muslimin dan ulama-ulama ahlussunnah dari berbagai penjuru dunia. Diantaranya adalah Habib Muhammad bin Husain (Ulama Yaman), Sayyid Umar bin Hamid Al-Jailani (Mufti Syafi’i Makkah), Syaikh Aun bin Mu’in Al-Qaddami (Ulama Muda Yordania), dan juga ulama-ulama dari Makkah, Madinah, Mesir, Tanzania, Ethiopia, Malaysia, Singapura, Brunei Darusslama, Abu Dhabi dan Hadramaut tentunya.

Habib Hasan bin Anis bin Alwi bin Ali bin Muhammad Al-Habsyi selaku tuan rumah dan keturunan Shohibul Haul menyatakan bahwa tahun ini panitia telah menyiapkan 3 ton beras dan menyembelih 400 ekor kambing untuk dibuatkan nasi kebuli guna jamuan para jama’ah. Salah seorang juru masak yang bernama Nungki Dahlan mesti bekerja keras untuk menghidangkan lauk pauk nasi kebuli. Pria asal Palembang ini dipercaya selama 27 tahun sebagai juru masak kegiatan haul untuk menyiapkan daging kebuli bersama juru masak lainnya.

Terkait sajian nasi kebuli, Habib Mustafa Mulachela selaku koordinator haul menjelaskan filosofi nasi tersebut adalah sebagai hidangan yang khusus disajikan untuk para tamu. Selain rasanya yang gurih, juga bentuk sajian yang dihidangkan diatas ‘nampan’ makin mempererat tali silaturahmi antar jamaah. Sementara, untuk lauknya diberikan daging sebagai bentuk sajian untuk lebih memuliakan para tamu yang hadir.

Diantara kesibukan dan kerja keras yang dijalani panitia, terhias keberkahan haul yang sangat dirasakan oleh umat Islam khususnya masyarakat Solo dan sekitarnya. Raut kebahagian tampak tergambar jelas dari wajah Rukmintoyo yang kebanjiran berkah setiap tahunnya dari acara haul. Pria yang berusia 73 tahun ini menuturkan dapat menyambar rejeki jutaan rupiah dari jualan kaligrafi pada setiap perhelatan haul. Lain lagi penuturan Tri, seorang pedagang bakso asal Wonogiri yang mengaku dagangannya laris manis pada pelaksanaan Haul Habib Ali. Katanya acara haul menyedot perhatian banyak orang, seperti gula. Dan masih banyak pedagang lainnya yang merasakan hal yang sama dengan Rukmintoyo dan Tri yang memanfaatkan acara haul untuk mendapatkan berkah keuntungan dengan menjual barang dagannyanya mulai dari makanan, minuman, baju muslim, peci, tasbih, dan pernak-pernik muslim lain hingga CD/ DVD Islami.

Tidak hanya pedagang, keberkahan pun diakui warga setempat yang menyewakan rumah-rumah mereka sebagai tempat penginapan dadakan bagi para jama’ah dari luar kota. Kemeriahan juga tampak dirasakan para pedagang di Alun-alun Kidul (Alkid) Keraton Surakarta Hadiningrat yang ikut menjajakan aneka barang dagangan. Bahkan ada yang membuka jasa WC umum.

Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi memang memiliki nilai tersendiri yang mampu menjadi daya pikat kuat untuk menarik para jama’ah baik dari dalam maupun luar negeri. Keuntungan demi keuntungan tidak hanya terlihat dari nilai materi saja tetapi jauh lebih baik dari itu karena haul ini menjadi salah satu cara memupuk keimanan dan ketaqwaan jama’ah dengan meneladani orang shaleh piliihan Allah SWT. Semoga Allah senantiasa menghujani rahmat dan keberkahanNya kepada umat Islam khsusunya muslimin ahlussunnah wal jama’ah di Indonesia dengan adanya penyelenggaran haul akbar ini.

Bagi anda yang belum bisa mengikuti haul akbar ini atau ingin menyaksiskan ulang acaranya, silahkan simak video haul akbar haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi Solo dibawah ini.

VIDEO HAUL AKBAR HABIB ALI AL-HABSYI DI MASJID AR-RIYADH SOLO, 20 FEBRUARI 2014

YouTube Preview Image

Download Video Haul Habib Ali Al-Habsyi 2014

DOWNLOAD MP3 HAUL HABIB ALI ALHABSYI 2014

(berbagai sumber/timlo.net)

Tulisan berjudul Download Video Haul Akbar Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi 2014 di Masjid Ar-Riyadh Solo terakhir diperbaharui pada Friday 21 February 2014 oleh Pejuang Ahlussunnah di Ngaji Yuk! - Kajian Ceramah Islam Ahlussunnah wal Jamaah.


2 thoughts on “Download Video Haul Akbar Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi 2014 di Masjid Ar-Riyadh Solo

  1. Keberhasilan acara sholawatan di Cirebon ini sayangnya dicederai oleh tafsir miring ceramah KH. Mustofa A.S (mengenai jawaban atas pertanyaan : marrobuka itu), untunglah Yth. Habib Syech cepat tanggap, menangkis pendapat berlebihan macam itu. Dan untuk Aswaja TV, mengapa hal itu tidak di-cut saja? Bukankah hal yang demikian itu bisa membawa ummat ini ke jurang fitnah. Mohon Aswaja TV berani cut video fatwa yg berbahaya yg akan ditampilkan, semata demi kemaslahatan ummat. Terima kasih

    Reply
  2. Keberhasilan acara sholawatan di Cirebon ini sayangnya dicederai oleh tafsir miring ceramah KH. Mustofa A.S (mengenai jawaban atas pertanyaan : marrobuka itu), untunglah Yth. Habib Syech cepat tanggap, menangkis pendapat berlebihan macam itu. Dan untuk Aswaja TV, mengapa hal itu tidak di-cut saja? Bukankah hal yang demikian itu bisa membawa ummat ini ke jurang fitnah. Mohon Aswaja TV berani cut video fatwa yg berbahaya yg akan ditampilkan, semata demi kemaslahatan ummat. Terima kasih,

    Reply

Post Comment