Inilah Hasil Klarifikasi dan Tabayyun Terkait Video Ustadz Hariri yang Menghebohkan

SHARE & LIKE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •  

Baru-baru ini beredar sebuah video di Youtube yang cukup menghebohkan. Dalam video yang berdurasi sekitar 3 menit itu, diperlihatkan sosok KH. Rd. M. Hariri Abdul Aziz Azmatkhan, S.Psi., MA atau yang lebih dikenal dengan Ustadz Hariri “Islam KTP” sedang menekan leher seorang operator soundsystem dengan lututnya.

Dari video inilah kemudian tersiar berita yang kurang menyenangkan terhadap KH. Rd. M. Hariri Abdul Aziz di berbagai media cetak maupun elektronik. Pada situs Republika Online misalnya, yang merupakan media berita online yang banyak diakses pengguna internet, ditulis dengan judul “Astagfirullah, Ustaz Hariri Injak Kepala Orang Saat Ceramah”. Para pembaca seolah digiring untuk memvonis salah KH. Rd. M. Hariri Abdul Aziz ini. Bahkan di beberapa media lain disebutkan kalau opertator soundsystem tersebut disuruh mencium kaki KH. Rd. M. Hariri Abdul Aziz. Alhasil, banyak komentar negatif datang tentang kejadian itu dari orang-orang yang tidak mengetahui pasti peristiwa sebenarnya. Tidak ketinggalan pula hujatan-hujatan dan cemooh mengalir deras di jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

Tak ayal, video yang diunggah oleh orang yang tidak bertanggung jawab ini disalahgunakan oleh kelompok tertentu sebagai senjata untuk melemahkan dakwah ahlussunnah wal jama’ah (aswaja). Tanpa disadari banyak muslim aswaja pun sampai terjebak dan ikut-iktutan. Padahal KH. Rd. M. Hariri Abdul Aziz merupakan salah satu da’i yang ikut andil besar dalam dakwah aswaja di Indonesia seperti halnya KH. M. Arifin Ilham, KH. Yusuf Mansur, Ustadz Jefri Al Bukhori (alm.), Ustadz Ahmad Al-Habsyi, dan lain-lain. Dakwahnya tersebar di seluruh pelosok nusantara khususnya di daerah Bandung Jawa Barat. Beliau juga menjadi pengasuh Majelis Mazidah Aswaja yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.

Untuk itu kita sebagai umat Islam mesti waspada dan berhati-hati terhadap kabar berita yang datang dari mana saja baik itu lisan, tulisan, gambar, atau video sekalipun. Apalagi ini melibatkan nama Islam yang mestinya ada klarifikasi dari pihak-pihak terkait. Karena ini bisa jadi bumerang untuk umat Islam itu sendiri.

Terkait peristiwa beredarnya video tersebut, salah satu ormas Islam yakni Front Pembela Islam (FPI) Jawa Barat langsung mendatangi KH. Rd. M. Hariri Abdul Aziz di rumahnya di Margaasih Bandung untuk meminta klarifikasi dan tabayyun. Dan berikut adalah hasil klarifikasi dan tabayyun dari DPD FPI Jawa Barat:

KlarifikasiI hasil Tabayyun saya (=DPD FPI Jabar) tentang Video Kejadian Ust. Hariri Abd. Aziz yang ada di Youtobe. Memang benar adanya namun kita harus lihat dulu sebab musababnya.

Kronologis:
Kejadian sebulan yang lalu, saat Da’i Hariri (DH) sedang menyampaikan Tausyiah dan Sholawat. Beliau meminta dengan Bahasa Sunda Santun kepada Operator Sound agar menaikkan volume soundnya. Tiba-tiba salah satu Operator menjawab dengan bahasa yang kurang pantas diucapkan kepada Penceramah, sehingga DH memanggil Operator tersebut mendekati Panggung.

Setelah berada tepat di depan panggung, DH mendo’akan agar orang tersebut mendapat Hidayah dan Barokah serta Jembar Rezeqi, lalu diaminkan oleh seluruh jama’ah yang hadir. Setelah itu DH menasehatinya dengan kata-kata, “Jangan sok berani, orang lain berani tuh bela Agama Islam, kalo kamu sok berani untuk apa, cepat kamu minta maaf di depan jama’ah dan jangan mentang-mentang orang sini, kamu merasa jago dan perlu kamu tau saya juga orang sini”.

Nb.: Tidak ada perintah untuk mencium kaki DH, itu FITNAH yang disebar oleh kaum munafik.

Setelah itu DH tidak segan untuk meminta maaf kepada Operator tersebut, lalu memberikan tangan untuk bersalaman. Tiba-tiba disaat bersalaman, orang tersebut masih menantang sambil melotot dan akhirnya leher belakang orang tersebut ditahan dengan lutut DH, untuk diberi pelajaran.

Alhamdulillah, setelah acara mereka berkumpul saling memaafkan dan tidak berkelanjutan.

Demikianlah hasil klarifikasi dan tabayyun yang dilakukan oleh DPD FPI Jawa Barat. Semoga dengan adanya klarifikasi ini kabar-kabar miring yang tidak sedap dan tidak menyenangkan dihentikan dan cukup sudah berakhir. Sekali lagi kita sebagai umat Islam mesti berhati-hati dan jangan mudah terprovokasi oleh berita-berita yang berusaha merusak citra Islam khususnya Islam Ahlussunnah wal Jama’ah. Jangan sampai hanya gara-gara kesalahan kecil sampai dibesar-besarkan yang akhirnya merugikan umat Islam. Alangkah baiknya melihat sisi positif KH. Rd. M. Hariri Abdul Aziz yang mana telah banyak berjasa menyiarkan risalah ahlussunnah wal jama’ah. Betapa banyak majelis-majelis ilmu, dzikir, dan sholawat yang semakin tersiar berkat beliau.

Sebagai tambahan informasi, anda dapat menyaksikan klarifikasi langsung dari pihak terkait, yaitu KH. Rd. M. Hariri Abdul Aziz  dan Kang Entis, yang insya Allah akan siaran live dalam acara HITAM-PUTIH yang dipandu Master Deddy Corbuzier, pada malam ini 13 Februari 2014, pukul 18.30 WIB di Trans7. Silahkan bagi yang mau menontonnya.

Tetaplah berada dalam persatuan umat Islam ahlussunnah wal jama’ah (aswaja).

Tulisan berjudul Inilah Hasil Klarifikasi dan Tabayyun Terkait Video Ustadz Hariri yang Menghebohkan terakhir diperbaharui pada Thursday 13 February 2014 oleh Pejuang Ahlussunnah di Ngaji Yuk! - Kajian Ceramah Islam Ahlussunnah wal Jamaah.


Post Comment