Hukum Bersujud di Luar Shalat

SHARE & LIKE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •  

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Buya, saya ibu rumah tangga seringkali kita melihat di TV orang yang bergembira tiba-tiba bersujud dengan spontan, sementara dia tidak dalam keadaan sholat. Adakah sujud selain dalam shalat? Mohon penjabaran dari Buya, terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Buya Yahya Menjawab:

Wa’alaikumsalam Wr.Wb.

Tentang Sujud selain dalam sholat itu ada rinciannya. Ada empat macam sujud yang diperkenankan, yaitu sebagai berikut :

  1. Sujud dalam sholat
  2. Sujud Sahwi (sebenarnya ini juga termasuk sujud dalam sholat)
  3. Sujud Tilawah
  4. Sujud Syukur

Dan barangkali yang ditanyakan adalah macam sujud yang ke 4 yaitu sujud syukur.

Dalam hal sujud syukur ini, para ulama berbeda pendapat tentang cara melaksanakannya, mereka telah berbeda pendapat tentang ada dan tidak adanya sujud syukur. Hampir disepakati oleh ulama Syafi’iyah (Imam Syafi’i) dan Hanabilah (Imam Hanbali) bahwa sujud Syukur adalah dianjurkan di saat mendapatkan nikmat atau terhindar dari musibah.

Dan ada juga pendapat sebagian kecil ulama Hanafiyah (Imam Hanafi) dan Malikiyah (Imam Malik). Hanya kebanyakan ulama Malikiyah dan Hanafiyah mengatakan sujud syukur tidak dianjurkan. Ulama yang menganjurkan sujud syukur berbeda pendapat akan cara pelaksanankanya.

Menurut kebanyakan ulama Syafi’iyah dan Hanabilah bahwasanya sujud syukur itu harus memenuhi syarat-syarat dalam sholat, seperti menghadap kiblat, bersuci dan menutup aurat. Artinya jika ada orang sujud syukur tanpa menghadap kiblat atau tanpa wudhu atau tanpa menutup aurat maka sujud syukur tersebut tidak sah bahkan haram, jika ia sadar dan tahu kalau itu tidak sah.

Akan tetapi, ada pendapat sebagian kecil dari pengikut Madzhab Hanbali yang mengatakan bahwa sujud syukur bisa dilakukan tanpa bersuci, dan menurut sebagian kecil dari pengikut Madzhab Maliki bisa dilakukan tanpa menutup aurat.

Adapun menghadap kiblat telah disepakati oleh ulama, bagi yang tahu kiblat, hukum menghadap kiblat adalah wajib dan jika tidak menghadap kiblat maka sujudnya tidak sah dan hukumnya haram.

Ada lagi perbedaaan di antara ulama, yaitu haruskah dengan takbirotul ihrom, tasyahhud dan salam. Kebanyakan ulama Syafi’iyyah dan Hanabilah mengatakan sujud syukur adalah dengan takbirotul ihrom dan salam tanpa ada tasyahhud. Ada sebagian kecil ulama yang mengatakan tanpa takbirotul ihrom dan tanpa Salam. Adapun masalah tasyahhud hampir disepakati bahwa sujud syukur tidak ada tasyahhudnya.

Dari yang telah diuraikan tentu bisa di mengerti, bahwa apa yang ditanyakan akan adanya orang sujud di TV adalah tidak benar jika mereka memang tidak berwudhu atau tidak menutup aurat atau tidak menghadap kiblat. Akan tetapi, jika masih menutup aurat dan menghadap kiblat, hal itu bisa dianggap sah menurut sebagian kecil ulama akan, hanya saja karena masyarakat kita umumnya bermadzhab Syafi’i, orang tersebut harus dibimbing agar amalannya bisa sesuai dengan amalan Madzhab Syafi’i.

Adapun pertanyaan yang ketiga, bagi orang yang tahu arah kiblat lalu tidak menghadap kiblat maka disepakati oleh para ulama hal itu adalah tidak sah dan haram hukumnya. Keharamannya tidak sampai derajat kafir karena ia masih sujud kepada Allah akan tetapi yang salah itu caranya.

Adapun Cara sujud Syukur yang benar menurut Madzhab Syafi’i sebagai berikut :

  1. Dalam keadaan suci (tidak berhadats)
  2. Di tempat yang suci
  3. Menutup aurat dengan penutup yang suci
  4. Menghadap kiblat
  5. Niat sujud syukur
  6. Takbirotul ikhrom
  7. Sujud satu kali
  8. Salam sekali (yang kedua sunnah)

Wallohu a’lam bishshowab.

:selesai::

INGIN BERTANYA?
Silahkan kunjungi website Forum Tanya Jawab Buya Yahya.
Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah Al Bahjah Cirebon.
Jl. Pangeran Cakra Buana Kel. Sendang Blok. Gudang Air No. 179 Sumber – Cirebon 45611 Indonesia.

Tulisan berjudul Hukum Bersujud di Luar Shalat terakhir diperbaharui pada Friday 18 April 2014 oleh Pejuang Ahlussunnah di Ngaji Yuk! - Kajian Ceramah Islam Ahlussunnah wal Jamaah.


Post Comment