Telah Hadir Buku Islam “Rekam Jejak Radikalisme Wahabi: Sejarah, Doktrin dan Akidah”

SHARE & LIKE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •  

Alhamdulillah, akhirnya buku Islam yang ditunggu-tunggu telah terbit. Buku terbaru yang berjudul “Rekam Jejak Radikalisme Wahabi: Sejarah, Doktrin dan Akidah” buah karya Ustadz Ahmad Imron sudah bisa didapatkan di pasaran.

Buku yang baru dilaunching ini merupakan salah satu buku Islami yang sangat luar biasa dan begitu akurat yang berisi hujjah-hujjah dengan hadits-hadits shahih seperti yang pernah dikatakan oleh Ustadz Ma’ruf Khozin, yang turut serta memberikan Kata Pengantar dalam buku tersebut. Menurut Ustadz Ma’ruf Khozin yang juga Wakil Katib Syuriah PCNU Surabaya/ Mantan Ketua LBN NU Surabaya ini menyatakan, seandainya buku tersebut merupakan sebuah tesis maka ia akan memberikan nilai mumtaz jiddan (cumlaude).

Sang penulis sendiri membagi buku “Rekam Jejak Radikalisme” ini menjadi 6 bagian bab, yaitu:

  • Bab I, mengupas sejarah ringkas Muhammad bin Abdul Wahhab yang penulis sertakan scan redaksi dari kitab-kitab sejarah ulama Wahhabi sendiri dan kitab sejarah ulama Ahlus sunnah sebagai penyeimbang informasi. Pada bab ini, penulis angkat penuturan sejarawan Wahhabi dalam kitab-kitab sejarah mereka yang berbicara secara tulus dan bangga berkenaan kerancuan paham, keberingasan dan kekejaman Muhammad bin Abdul Wahhab dan para pengikutnya yang dianggap sebagai paham Islam yang murni, dan dianggap telah sesuai dengan al-Quran dan manhaj Nubuwwah.
  • Bab II, menguraikan tentang fitnah tanduk syaitan yang telah diinformasikan oleh Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam dalam banyak hadits sahihnya. Dalam bab ini, penulis menjelaskan secara detail posisi letak munculnya fitnah dan kegoncangan dahysat tersebut secara ilmiyyah, sesuai kaidah ilmu hadits dan ushul fiqih, di mana hal ini juga menjadi konflik dan dilemma di dalam memahami makna dan menetapkan posisinya, penulis sertakan pula komentar para ulama mu’tabar dari berbagai ahli disiplin ilmu, baik ahli tafsir, hadits, fiqih, nahwu, buldan dan ilmu geografi. Penulis juga memaparkan hadits-hadits sahih yang menerangkan sifat dan ciri-ciri para pembawa fitnah tanduk syaitan tersebut disertai komentar para ulama Ahlu sunnah yang mu’tabar yang juga terkait dengan munculnya kaum Khawarij dan Wahhabi ini. Dalam bab ini penulis juga menyebutkan beberapa fitnah yang terjadi di Najd sesuai data historis yang ada dalam kesaksian kitab-kitab ulama sejarah.
  • Bab III, menguraikan sebagian penyimpangan kaum wahabi yang menyebabkan terjadinya konflik dengan kaum muslimin lainnya dan bantahan atasnya secara ilmiyyah dan argumentative.
  • Bab IV, mengupas konsep tauhid wahhabi yang menjadi dasar konflik dengan mayoritas kaum muslimin. Pembagian tauhid yang mereka ada-adakan menjadi problem yang merenggangkan keharmonisan di tengah-tengah umat Islam. Sehingga muncullah pemahaman takfir, tasyrik, tabdi’ dan tadhlil kepada mayoritas umat Islam dan bahkan kepada para ulama besar Ahlus sunnah wal-Jama’ah. Bantahan atas pembagian tauhid yang bathil ini, juga penulis paparkan secara detail dan argumentative.
  • Bab V,  mengupas konsep aqidah tasybih dan tajsim kaum Wahhabi khususnya dari para ulama mereka belakangan ini yang semakin menyimpang jauh dari sebelumnya. Konsep akidah yang mensifati Allah dengan sifat-sifat makhluk hingga pada taraf menyerupakan Allah dengan makhluk-Nya, Naudzu bilahi min dzaalik… Penulis sertakan pula ucapan-ucapan para ulama besar dari kalangan salaf dan khalaf tentang akidah yang dibawa oleh Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya.
  • Bab VI, menguraikan kegoncangan dan kontradiksi yang terjadi di kalangan Wahhabi sendiri dalam masalah akidah yang membuktikan bahwa akidah mereka bathil dan bukan berasal dari akidah Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam yang diikuti oleh para sahabat dan mayoritas ulama Ahlus sunnah wal-Jama’ah.

Rekam Jejak Radikalisme Wahabi: Sejarah, Doktrin, dan Akidah

Buku “Rekam Jejak Radikalisme Wahabi: Sejarah, Doktrin dan Akidah” karya Ustadz Ahmad Imron sangat layak menjadi bacaan dan pegangan bagi umat Islam agar terhindar dari paham-paham sesat seperti Wahabi.

Paham Wahabi merupakan salah satu paham baru yang muncul di akhir zaman yang bermula dari Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab Najed. Karena mendapat pertentangan dari umat Islam Ahlussunnah wal Jama’ah, nama Wahabi kemudian bermetamorfose namanya yang sekarang dikenal dengan sebutan Salafi.

Bagi anda yang berminat memiliki buku “Rekam Jejak Radikalisme Wahabi: Sejarah, Doktrin dan Akidah” dapat memesannya langsung kepada sahabat kami Kang Ibnu Abdillah Al-Katibiy. Semoga bermanfaat dan matur NUwun.

Tulisan berjudul Telah Hadir Buku Islam “Rekam Jejak Radikalisme Wahabi: Sejarah, Doktrin dan Akidah” terakhir diperbaharui pada Monday 21 April 2014 oleh Pejuang Ahlussunnah di Ngaji Yuk! - Kajian Ceramah Islam Ahlussunnah wal Jamaah.


Post Comment