Siapakah Sebenarnya Waliyulloh Itu?

SHARE & LIKE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •  

Pertanyaan:

Assalamu ‘Alaikum WR. WB.

Selamat siang Abuya semoga diselamatkan dunia akhirat disehatkan lahir batin oleh Allah Zat Yang Maha Perkasa , amin. Kami ingin menanyakan isu yg sangat dahsyat di kampung kami di Winduhaji Bubulak, adalah isu adanya waliyullah dan beberapa bulan ke belakang ada kejadian-kejadian yang aneh, dan orang yang dituju sebagai wali ini ialah kelihatannya seperti pengemis dan rumahnya dekat sawah dan tak ada rumah dekat sawah tersebut kecuali 1 rumah saja yang didiami oleh orang yang diisukan sebagai wali dan rumahnya masih di kampung kami, akan tetapi kalau anak kecil yg melihatnya itu berbeda. Di saat anak kecil ini melihat orang yang kaya pengemis itu anak kecil berkata kepada bapaknya:

“Pak, itu siapa kok tampan banget pakai baju serba putih dan baju besar (jubah), siapa dia pak aku ingin digendong sama dia..”

Nah, bapaknya ini sampai merasa aneh dan heran karena orang yang dituju wali dilihat oleh bapaknya itu seperti pengemis, dan banyak lagi kejadian keanehan-keanehan yang membingungkan kami semua, pertanyaannya adalah benarkah di zaman ini masih ada waliyullah?

Demikian yg kami sampaikan kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih atas jawabannya wassalamua’laikum wr.wb.

Buya Yahya Menjawab:

Wa’alaikum Salam WR. WB.

Waliyulloh bisa terlihat sebagai pengemis, orang gembel atau pakai jubah dan tampak seperti orang kaya. Sebab ukuran wali bukan pada dandanannya akan tetapi pada perilaku dan hatinya. Jika perilakunya sesuai dengan syariat dengan menjalankan yang wajib, menjauhi yang haram, gemar dengan amal-amal sunnah, dan saat bersalah segera taubat itulah waliyulloh. Berusaha menjaga hatinya agar tidak mendengki, tidak sombong, tidak mendendam, penuh kasih, dan lain-lain. Kalau kerjaanya bermaksiat tidak mungkin itu waliyulloh akan tetapi itu adalah wali syaiton.

Wallahu A’lam Bishshowab

::selesai::

 

INGIN BERTANYA?
Silahkan kunjungi website Forum Tanya Jawab Buya Yahya.
Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah Al Bahjah Cirebon.
Jl. Pangeran Cakra Buana Kel. Sendang Blok. Gudang Air No. 179 Sumber – Cirebon 45611 Indonesia.

Tulisan berjudul Siapakah Sebenarnya Waliyulloh Itu? terakhir diperbaharui pada Thursday 4 September 2014 oleh Pejuang Ahlussunnah di Ngaji Yuk! - Kajian Ceramah Islam Ahlussunnah wal Jamaah.


Post Comment