Video: Tata Cara Wudhu yang Baik dan Benar Disertai Sunnah-Sunnahnya

SHARE & LIKE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •  

Wudhu merupakan syarat shalat yang paling penting. Wudhu disyariatkan berdasarkan firman Allah Subhanu wa Ta’ala di dalam Al Qur’an Surat Al Maidah ayat 6, yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kalian hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah muka dan tangan kalian sampai siku, dan sapulah kepala kalian dan (basuh) kaki kalian sampai kedua mata kaki,” (Qur’an Surat Al Maidah: 6).

Betapa pentingya wudhu sehingga mengetahui tata cara wudhu yang benar adalah wajib hukumnya bagi setiap muslim. Dengan wudhu yang baik dan benar seperti yang dicontohkan Sayyidina Muhammad Shollallohu ‘Alaihi wa Alihi wa Shohbihi wa Sallam menjadi modal awal agar segala aktivitas ibadah kita seperti ibadah shalat kita dapat bernilai baik dan diterima di sisi Allah Subahanu wa Ta’ala.

Shalat akan menjadi lebih khusu’ apabila diawali dengan wudhu yang baik dan benar. Kalau wudhu kita rusak maka shalat kita pun dapat rusak pula. Begitu pula dengan ibadah kita yang lain, akan lebih bernilai dan berharga jika diawali dengan wudhu yang baik dan benar. Untuk itulah, wudhu merupakan pintu awal pembukaan yang sangat penting dan menjadi kunci utama untuk membuka segala kebaikan dalam aktivitas ibadah kepada Allah Subhanau wa Ta’ala.

Al Habib Umar bin Hafidz ketika berdakwah di Kenya Afrika ditanya oleh sebagian saudara kita tentang bagaimana cara paling utamanya berwudhu agar menjadi pelajaran bagi mereka dan anak-anaknya. Subhanallah, Al Habib Umar bin Hafidz seketika itu pula langsung menjawabnya dengan mencontohkan praktek berwudhu yang baik dan benar dihadapan saudara-saudara kita di Kenya. Dan alhamdulillah, tata cara wudhu yang dicontohkan Al Habib Umar bin Hafidz ini pun direkam oleh saudara kita di sana sehingga kita semua bisa menyaksikan dan menjadikannya sebagai pelajaran yang berharga dan penting.

Berikut adalah video tata cara wudhu yang baik seperti yang praktekan oleh Al Habib Umar bin Hafidz:

Sebagai tambahan, kami sertakan video Fattabiouni tentang Sunnah-Sunnah Wudhu yang diasuh oleh Al Habib Muhammad bin Abdurrahman Assegaf dari Jeddah:

Dan tambahan lagi yang tidak kalah pentingnya, kami sertakan tutorial wudhu yang baik dan benar mengikuti Madzhab Asy-Syafi’i yang diasuh oleh Buya Yahya (Majelis Al Bahjah Cirebon). Dalam tutorial wudhu madzhab Syafi’i ini disertakan panduan praktis syarat dan rukun wudhu, hal-hal yang membatalkan wudhu, kesunahan dalam berwudhu serta do’a selesai berwudhu:

Yang tidak kalah penting pula dan ini sering dilupakan dan mungkin dianggap sepele oleh sebagian umat Islam adalah berdo’a setelah selasai berwudhu. Rasulullah Shollallohu ‘Alaihi wa Alihi wa Shohbihi wa Sallam bersabda:

“Barang siapa berwudhu lalu berkata: أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ dibukakan baginya delapan pintu-pintu surga dan masuk ke dalam pintu yang ia sukai,” (HR Muslim).

Begitu pula dalam hadist yang lain:

“Barang siapa bewudhu’ dan setelah selesai dari wudhunya ia berkata: أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ dibukakan baginya pintu pintu surga dan masuk ke dalam pintu yang ia sukai,” (HR at-Tirmidzi, al-Bazzar dan at-Thabrani).

Dalam hadist lainnya Rasulullah Shollallohu ‘Alaihi wa Alihi wa Shohbihi wa Sallam bersabda:

“Barangsiapa berwudu lalu berdo’a: سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ maka akan dicatat baginya di kertas dan dicetak sehingga tidak akan rusak hingga hari kiamat.” (HR an-Nasai’, al-Hakim dalam al-Mustadrak).

Subhanalloh, betapa indahnya do’a sesudah wudhu. Allah menjanjikan bagi siapapun yang mengamalkan do’a sesudah wudhu maka akan dibukakan baginya semua pintu surga, dan tidak hanya itu ia pun dipersilahkan untuk memasuki pintu yang mana ia sukai. Ketahuilah wahai saudaraku, kalau kita berkunjung ke rumah saudara kita dan kemudian kita dibukakan pintu rumahnya lalu dipersilahkan masuk maka sudah dipastikan kita akan masuk ke dalam rumah tersebut. Sungguh yang dijanjikan Allah Subhanau wa Ta’ala bukanlah pintu rumah biasa tapi ini pintunya surga dan kita boleh masuk lewat pintu surga mana saja yang kita sukai. Tidaklah seseorang dibukakan pintu surga dan dipersilahkan masuk melalui pintu surga yang disukainya melainkan ia pasti akan masuk ke dalam surga tersebut, surga yang penuh kenikmatan yang dijanjikan Allah Subhanu wa Ta’ala.

Do’a Sesudah Wudhu

أَشْهَدُ اَنْ لاَإِلٰهَ اِلاَّ اللّٰهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ ، وَأَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ ، اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ وَجْعَلْنَيْ مِن عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ ، سُبْحَانَكَ اللّٰهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ اَنْ لَااِلٰهَ اِلَّا اَنْتَ ، اَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ

”Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagiNya. Aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusanNya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bersuci serta jadikanlah aku termasuk hambaMu yang shaleh. Maha Suci Engkau ya Allah, aku memuji kepadaMu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau, aku minta ampun dan bertobat kepadaMu”.

Mari kita biasakan mengamalkan doa sesudah wudhu ini dan ajaklah keluarga dan saudara-saudari kita yang tercinta atau siapa pun yang mencintai kita untuk bisa ikut meraih kebaikan dengan mengamalkan doa sesudah wudhu ini.

Tulisan berjudul Video: Tata Cara Wudhu yang Baik dan Benar Disertai Sunnah-Sunnahnya terakhir diperbaharui pada Thursday 12 November 2015 oleh Pejuang Ahlussunnah di Ngaji Yuk! - Kajian Ceramah Islam Ahlussunnah wal Jamaah.


One thought on “Video: Tata Cara Wudhu yang Baik dan Benar Disertai Sunnah-Sunnahnya

Post Comment