Info Pengumuman Beasiswa Pendidikan Kader Ulama (PKU) Kemenag RI Tahun 2014

SHARE & LIKE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •  

EDARAN DIREKTUR PENDIDIKAN DINIYAH DAN PONDOK PESANTREN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM KEMENTERIAN AGAMA RI Nomor: DT.I.III/HM.01/2606/2014
TENTANG PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN KADER ULAMA BIDANG MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN KAJIAN ISLAM NUSANTARA TAHUN ANGGARAN 2014

A. Latar Belakang

Disadari bahwa kondisi keagamaan di Indonesia saat ini menunjukkan butuhnya terhadap kader ulama dan pengasuh pondok pesantren yang mumpuni. Kebutuhan itu cenderung pada tingkat yang mendesak. Hal ini didasarkan atas identifikasi beberapa kenyataan berikut. Pertama, semakin langkanya ulama dan pengasuh pondok pesantren akibat meninggal dunia, sehingga umat semakin butuh terhadap figur yang dapat diteladani dan sekaligus generasi pelanjut dalam pengasuhan pondok pesantren. Kedua, sosok tokoh yang memiliki kompetensi ulama sangat minim. Kebijakan dan konstruk sosial belakangan cenderung kurang memberikan ruang yang cukup terhadap pengayaan dan pembinaan atas kelangsungan ulama sehingga sedikit banyak berimplikasi terhadap rendahnya kualitas atas ketokohan ulama. Ketiga, belum adanya proses regenerasi pengasuh pondok pesantren yang baik. Pola kaderisasi pengasuh pondok pesantren belum mencerminkan pada penyiapan penerus pondok pesantren yang mapan. Keempat, umat muslim di Indonesia perlu untuk dibimbing sehingga tidak terjerumus pada kondisi yang memprihatinkan. Atas dasar kenyataan di atas, Kementerian Agama RI Cq. Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktur Jenderal Pendidikan Islam, secara institusional, menilai penting untuk mengembangkan program yang berorientasi atas keberlangsungan kader ulama.

B. Tujuan

Program ini bertujuan untuk menghasilkan kader ulama di bidang Manajemen Pendidikan dan Kajian Islam Nusantara yang memiliki sikap, mental, dan kemampuan akademis keagamaan Islam (tafaqquh fiddin) dan kompetensi keilmuan setingkat magister (S2).

C. Target Program

a. Bidang Manajemen Pendidikan

Menghasilkan 25 (dua puluh lima) kader ulama bidang Manajemen Pendidikan yang memiliki:

1. Sikap, mental ulama dan kompetensi Manajemen Pendidikan serta pengalaman tradisi akademik keagamaan Islam (tafaqquh fiddin) melalui proses pembelajar di Pesantren;

2. Hafalan Al-Quran minimal 5 (lima) juz;

3. Berijazah magister (S2) dari perguruan tinggi yang terakreditasi;

4. Tesis yang diterbitkan, diutamakan berbahasa Arab/Inggris.

b. Bidang Kajian Islam Nusantara

Menghasilkan 25 (dua puluh lima) kader ulama bidang Kajian Islam Nusantara yang memiliki:

1. Sikap, mental ulama dan kompetensi Kajian Islam Nusantara serta pengalaman tradisi akademik keagamaan Islam (tafaqquh fiddin) melalui proses pembelajar di Pesantren;

2. Hafalan Al-Quran minimal 3 (tiga) juz;

3. Berijazah magister (S2) dari perguruan tinggi yang terakreditasi;

4. Tesis yang diterbitkan, diutamakan berbahasa Arab/Inggris.

D. Penyelenggara

a. Bidang Manajemen Pendidikan Pesantren Al-Hikam Malang bekerjasama dengan Pascasarjana UIN (Universitas Islam Negeri) Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur.

b. Bidang Kajian Islam Nusantara Pesantren Al-Aqsha Jakarta bekerjasama dengan Pascasarjana STAINU (Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama) Jakarta.

E. Proses Pendidikan

Pendidikan kader ulama berlangsung selama 2 (dua) tahun, yakni tahun anggaran 2014 sampai 2015. Peserta harus menetap di pondok pesantren yang ditunjuk untuk mengikuti proses pembelajaran keagamaan Islam (tafaqquh fiddin) dan proses pendidikan magister (S2) pada perguruan tinggi yang ditunjuk. Peserta yang mengikuti program ini tidak diperkenankan mengundurkan diri atau putus (drop out) dari pelaksanaan program, hingga tercapai target program yang telah ditentukan. Peserta yang lulus seleksi berhak mendapatkan layanan akademis, fasilitas dan biaya hidup (living cost) yang ditentukan dan tidak ada biaya apapun.

F. Seleksi Peserta

a. Pilihan Program

Peserta hanya boleh memilih salah satu dari 2 (dua) pilihan program yang ditawarkan: Manajemen Pendidikan atau Kajian Islam Nusantara.

b. Persyaratan

1. Akademik: 1. Berijazah sarjana (S1); 2. Hafal Alquran, minimal 1 juz; 3. Mampu membaca dan memahami kitab kuning; 4. Mampu menulis makalah rencana penelitian tesis.

2. Nonakademik: 1. Berusia maksimal 35 tahun; 2. Terlibat aktif dalam mengelola/mengajar di pesantren; 3. Mendapatkan rekomendasi dari pengasuh pesantren; 4. Diprioritaskan berasal dari daerah tertinggal, terluar, dan terdepan;

3. Komitmen: 1. Tidak sedang menerima beasiswa pendidikan dari lembaga manapun; 2. Sanggup tinggal di pondok pesanten yang telah ditunjuk selama proses pendidikan; 3. Berkomitmen mengikuti program hingga selesai (selama 2 tahun). Jika mengundurkan diri/tidak lulus maka harus mengembalikan biaya pendidikan yang telah diterima. 4. Jika selesai lulus, harus kembali ke pesantren untuk masa pengabdian;

4. Kelengkapan berkas:

1. Fotocopy KTP;

2. Fotocopy Ijazah dan Transkrip Nilai S1;

3. Makalah yang berisi rencana penelitian tesis;

4. Pasfoto berwarna 3×4 = 2 lembar;

5. Keterangan dan rekomendasi dari pesantren: a. Pernah belajar dan mukim di pesantren; b. Terlibat aktif dalam mengelola/mengajar di pesantren; c. Diprioritaskan berasal dari daerah tertinggal, terluar, dan terdepan; d. Direkomendasi oleh pengasuh pesantren;

6. Pernyataan: a. Mampu membaca kitab kuning; b. Hafal Alquran, minimal 1 juz; c. Tidak sedang menerima beasiswa pendidikan dari lembaga manapun;d. Sanggup tinggal di pondok pesanten yang telah ditunjuk selama proses pendidikan; e. Berkomitmen mengikuti program hingga selesai (selama 2 tahun). Jika mengundurkan diri/tidak lulus maka harus mengembalikan biaya pendidikan yang telah diterima. f. Jika selesai lulus, siap kembali ke pesantren untuk masa pengabdian; Berkas dimasukkan ke dalam 2 amplop coklat: 1 (satu) bundel berkas asli dan 1 (satu) bundel berkas copy.

c. Jadwal Seleksi

Jadwal Seleksi Beasiswa Pendidikan Kader Ulama Kemenag RI

d. Materi Ujian Tulis dan Wawancara

Materi Ujian Tulis Wawancara Beasiswa NU Kemenag RI

e. Pendaftaran

Peserta yang berminat mengikuti seleksi wajib mengisi form terlampir dan melengkapi berkas lainnya. Berkas dapat diserahkan secara langsung ke Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kanwil Kementerian Agama Provinsi masing-masing.

f. Sekretariat Panitia

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Cq. Subdit Pendidikan Diniyah Jl. Lapangan Banteng Kav. 3-4 Jakarta Pusat Lantai 6 Telp.Fax. 021- 3850244 Email: subdit_diniyah@yahoo.com Website: www.kemenag.go.id.

Info selengkapnya: http://www.kemenag.go.id.

Tulisan berjudul Info Pengumuman Beasiswa Pendidikan Kader Ulama (PKU) Kemenag RI Tahun 2014 terakhir diperbaharui pada Sunday 9 November 2014 oleh Pejuang Ahlussunnah di Ngaji Yuk! - Kajian Ceramah Islam Ahlussunnah wal Jamaah.


Post Comment