KMNU IPB Launching Halaqoh Mahasiswa Baru

SHARE & LIKE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •  

Keluarga Mahasisawa Nahdhatul Ulama (KMNU) Institute Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan acara pembukaan halaqoh untuk mahasiswa baru, Kamis (13/11/2014), di ruang kuliah Fakultas Kehutanan IPB.

Secara bahasa halaqah artinya lingkaran dan liqo` artinya pertemuan. Secara istilah halaqah berarti pengajian dimana orang-orang yang ikut dalam pengajian itu duduk melingkar. Dalam bahasa lain bisa juga disebut majelis taklim.

Tujuan Halaqoh mahasiswa baru adalah untuk mempererat kekeluargaan antar anggota secara personal agar memotivasi dalam pencapaian baik akademik maupun non-akademik. Selain itu, sebagai sarana saling mengingatkan antar anggota untuk mengistiqomahkan ibadah dan tradisi Ahlussunnah Wal Jama’ah (aswaja) serta untuk memperdalam wawasan Keaswajaan, Ke-NU-an, Ke-KMNU-an.

Acara ini dibuka oleh Ketua KMNU IPB, Achmad Mujib, dengan memberikan sambutan yang berisi semangat dan motivasi agar mahasiswa baru bisa mengikuti Halaqoh dengan penuh semangat dan keistiqomahan.

Selanjutnya, mahasiswa baru dibagi menjadi bbeberapa kelompok kecil yang masing kelompok berjumlah 5-7 orang yang dipandu oleh 1-2 pengurus. Disesi ini, terjadi proses saling mengenal dan membuat kesepakatan untuk menentukan waktu pertemuan halaqoh setiap minggu.
M. Zimamul Adli, Mantan Ketua KMNU IPB yang dalam kesempatan ini menjadi pemateri menyampaikan sebuah petuah pendiri NU yaitu “Siapa yang mengurus NU, saya anggap santriku, siapa yang menjadi santriku saya doakan khusnul khotimah beserta keluarganya”. (KH. Hasyim Asy’ari) dan “Jangan takut tidak makan kalau berjuang mengurus NU. Yakinlah ! kalau sampai tidak makan, komlainlah aku jika aku masih hidup. Tapi kalau aku sudah mati maka tagihlah kebatu nisanku”. (KH. Ridwan Abdullah)

Acara terakhir dalam kegiatan ini adalah pencalonan mahasiswa baru sebagai ketua angkatan untuk Nahdliyyin, ada 2 calon yaitu Abdul Habib Lutfi dan Abdul Mujib. Sedangkan untuk Nahdliyyat terdapat 3 Calon yaitu Aldiani Lina Fauziah, Nur Elizayati, dan Yuli Setyaningsih. Selanjutnya ketua angkatan akan dipilih dalam kegiatan “ASWAJA YOUTH CAMP” pada hari Ahad (16/11/2014) dan akan dilantik bersama pengukuhan mahasiswa baru sebagai anggota KMNU IPB pada saat puncak pengkaderan “Isti’laul Qudroh” yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 Desember 2014.

Tulisan berjudul KMNU IPB Launching Halaqoh Mahasiswa Baru terakhir diperbaharui pada Friday 14 November 2014 oleh Pejuang Ahlussunnah di Ngaji Yuk! - Kajian Ceramah Islam Ahlussunnah wal Jamaah.


Post Comment