Korean Moslem Federation (KMF) Kunjungi LPD Al Bahjah Cirebon Untuk Kerjasama Dakwah

SHARE & LIKE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •  

Tepat pada hari Jum’at, 28 Muharram 1436 H/ 21 November 2014, delegasi dari Korean Moslem Federation (KMF) atau Federasi Muslim Korea Cabang Busan – Korea Selatan yang dipimpin Imam Zubair Lee Dongha mengadakan kunjungan ke Lembaga Pengembangan Dakwah (LPD) Al-Bahjah Cirebon. Kunjungan delegasi Korea ini adalah bentuk timbal balik kesepakatan yang sempat digagas beberapa waktu lalu saat Buya Yahya berkunjung ke Korea Selatan tepatnya pada hari kamis 7 Dzul Hijjah 1435 H/ 2 Oktober 2014.

Dalam perjalanan dari Korea ke Cirebon, Imam Zubeir ditemani oleh Mr. Seik Noh (Abdussalam) selaku Sekretaris KMF. Setibanya di Cirebon mereka disambut oleh 4 mantan TKI Korea yang selama ini sudah akrab dengan kedua tokoh KMF tersebut. Para TKI itu adalah anggota yang tergabung dalam Organisasi Pumita yaitu Persaudaraan Ummat Muslim Indonesia Al-Fatah (Al-Fatah merupakan nama masjid di Busan yang sempat dikunjungi oleh Buya Yahya).

Pada kunjungan perdana delegasi KMF ini mempunyai beberapa agenda dalam kerjasama dakwah. Salah satunya adalah program mengenal lebih dalam tentang LPD Al Bahjah dan mempelajari program pengembangan dakwahnya seperti: Majelis Ta’lim, Pesantren Salaf, Pesantren Tahfiz Qur’an, Sekolah Dasar Islam Qur’ani, Radio Dakwah, dan lain-lain. Para delegasi muslim Korea asyik berkeliling pesantren Al Bahjah bersama Buya Yahya.

Kemudian, setelah saling mengenal dan lebih akrab tentang program dakwah dilanjutkan dengan ajang tukar budaya masing-masing. Delegasi KMF mengenalkan olahraga Taekwondo yang merupakan seni beladiri asal Korea, sementara Buya Yahya mengenalkan mereka dengan budaya Sarung dan Imamah.

Setelah puas berkeliling LPD Al-Bahjah, delegasi Korea melanjutkan perjalanan ke Masjid Raya At-Taqwa Cirebon yang merupakan pusat kajian keislaman (Islamic Center) di Kota Cirebon. Di masjid itu mereka shalat Jum’at d kemudian berlanjut berkunjung ke salah satu situs bersejarah di Cirebon yaitu “Keraton Kasepuhan” yang dahulunya merupak Kesultanan yang dipimpin oleh Sunan Gunung Jati setelah memerdekakan diri dari Kerajaan Hindu Padjadjaran. Tiba di Komplek Keraton Kasepuhan mereka mengawali masuk ke Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang merupakan salah satu Masjid Pusat pertemuan Wali Songo pada zamannya untuk pusat penyebaran Islam, kemudian masuk ke dalam Keraton, mereka disambut oleh Guide (pengawal) dengan menggunakan Bahasa Inggris dan menerangkan panjang lebar tentang sejarah Keraton Kasepuhan yang bercorak Arab dan China.

Hampir seharian delegasi KMF mengitari Kota Cirebon mengenal berbagai budayanya. Ajang pengenalan pun usai diakhiri dengan kesepakatan kerja sama antara KMF dan LPD Al Bahjah. Masing-masing pihak sepakat menandatangai Nota Kesepahaman atau MOU untuk melanjutkan kerjasama Dakwah Islam Indonesia – Korea.

Berikut kami lampirkan nota kesepahaman KMF Korsel dan LPD Al Bahjah:

بسم الله الرحمن الرحيم

NOTA KESEPAHAMAN

Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah, Indonesia

DAN

Federasi Muslim Korea, Cabang Busan Korea Selatan

 

LATAR BELAKANG

Kedua belah pihak berkeinginan untuk bekerjasama dalam meningkatkan persaudaraan sesama Islam dan pengembangan Dakwah di Indonesia dan Korea.

TUJUAN

  • Untuk bekerjasama mengirim Ustadz dari Indonesia ke Korea.
  • Untuk bekerjasama membantu Muallaf dalam bidang pendidikan.
  • Untuk bekerjasama mengembangkan Dakwah.
  • Saling berkomunikasi secara terus-menerus untuk bekerjasama dalam kegiatan-kegiatan Islami.
  • Berusaha yang terbaik untuk mewujudkan tujuan di atas.

Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah, Indonesia
(Ketua, Buya Yahya)

………………………………………….

Tanggal 21 November 2014

Federasi Muslim Korea, Cabang Busan
(Ketua, Zubair Lee Dongha)

………………………………………..

Tanggal 21 November 2014

Berikut terlampir gambar dari MOU tersebut.

MOU Kerjasama Dakwah antara KMF Korsel dan LPD Al Bahjah Cirebon

Dari Cirebon, delegasi KMF dijadwalkan akan melanjutkan perjalanan mengunjungi kota Jogjakarta dan diagendakan pula untuk mengunjungi Kesekretariatan MUI di Jakarta.

Oleh: Imam Mahdi, Tim Dakwah LPD Al Bahjah Cirebon.

Tulisan berjudul Korean Moslem Federation (KMF) Kunjungi LPD Al Bahjah Cirebon Untuk Kerjasama Dakwah terakhir diperbaharui pada Sunday 23 November 2014 oleh Pejuang Ahlussunnah di Ngaji Yuk! - Kajian Ceramah Islam Ahlussunnah wal Jamaah.


2 thoughts on “Korean Moslem Federation (KMF) Kunjungi LPD Al Bahjah Cirebon Untuk Kerjasama Dakwah

Post Comment