Pemkot Solo Kembali Menggelar Shalawat Akbar di Depan Balaikota, 19 November 2014

SHARE & LIKE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •  

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo kembali menggelar Shalawat Akbar pada Rabu (19/11/2014) malam. Acara yang diperkirakan dihadiri lebih dari 30 ribu jamaah dari Solo Raya tersebut, menghadirkan pembicara ulama ahlussunnah Habib Umar bin Hafidz dari Yaman. Sedangkan shalawat akan dipimpin oleh ulama kondang asal Solo Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf.

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Surakarta, Siti Anggraini Purwanti mengungkapkan kegiatan tersebut akan diselenggarakan di sepanjang Jalan Jendral Soedirman dari titik nol depan Balai Kota Surakarta sebagai panggung utama hingga Bundaran Gladag. Kata Anggra, sapaan Siti Anggraini Purwanti, acara shalawat akbar kali ini digelar untuk memperingati Tahun Baru Hijriah 1436. Selain itu juga untuk mendukung dicanangkannya Solo sebagai Kota Shalawat, oleh Wali Kota FX Hadi Rudyatmo.

Sejak tahun 2013 lalu saat Festival Hadrah, tambahnya, Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, memang telah mendeklarasikan Solo sebagai Kota Sholawat. Acara deklarasi Solo Kota Sholawat tahun kemarin dihadiri lebih dari 50.000 jama’ah muslimin dan muslimat. Karenanya, Sholawat Akbar tahun ini adalah yang kedua kalinya, yang telah ditetapkan menjadi event tahunan, dan dilangsungkan satu tahun sekali jatuh pada minggu ketiga bulan Muharam.

“Rencananya Salawat Akbar akan di tempat yang sama dengan tahun kemarin, yakni koridor Jenderal Sudirman. Di mana, salawat akan dipimpin oleh Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf dan penceramahnya Habib Umar bin Hafidz dari Yaman,” kata Anggra saat konferensi pers di ruang rapat bagian Humas Protokol, Senin (17/11/2014).

DOKUMENTASI PEMKOT SOLO SAAT DEKLARASI SOLO KOTA SHOLAWAT 2013

Solo Kota Sholawat
Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf diapit Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, dan Wakil Walikota Surakarta Achmad Purnomo, saat deklarasi Solo Kota Sholawat tahun 2013
Solo Kota Sholawat
Tabuh Gong sebagai tanda peresmian Solo Kota Sholawat 2013
Solo Kota Sholawat
Jama’ah muslimah bersama anak-anak dan juga lebih dari 50.000 jama’ah lain asyik bersholawat dalam acara deklarasi Solo Kota Sholawat 2013

Lantaran saat ini sudah memasuki musim penghujan, panitia akan menyediakan tiga tenda utama untuk tamu VIP. Dengan demikian, maka tamu tidak akan kehujanan selama salawatan digelar. Para peserta nantinya diharapkan mengenakan pakaian berwarna putih.

“Bagi para jemaah yang mengikuti salawat, kami harapkan membawa peralatan sendiri agar tidak kehujanan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Surakarta, Muhammad Usman mengungkapkan koridor Jenderal Sudirman akan ditutup tiga jam sebelum acara dimulai. Di mana, panitia menjadwalkan shalawat akan dimulai pada pukul 19.30 WIB, dengan demikian jalan tersebut akan ditutup sekitar pukul 16.30 sore.

“Ruas jalan yang kami tutup total antara lain Jalan Mayor Kusmanto, sebagian Jalan Arifin, sebagian Jalan Ronggowarsito, sebagian Jalan Urip Sumoharjo, dan Jalan RE Martadinata,” tegas Usman.

Nantinya, jalan tersebut akan digunakan untuk tempat parkir bagi para jemaah. “Kami juga akan menggunakan Benteng Vastenburg untuk tempat parkir. Namun, karena kondisi musim penghujan, kami mengkhawatirkan tanah di sana becek. Oleh karena itu, kami juga menggunakan ruas-ruas jalan untuk tempat parkir,” tegasnya.

Arus lalulintas yang datang dari arah Jl Slamet Riyadi Solo untuk sementara akan dialihkan kearah selatan memasuki jalan Paku Buwono dan selanjutnya diarahkan ke arah Jl Kapten Mulyadi di simpang tiga ABC. Selain itu, arus yang datang dari arah utara, di Jl Arifin akan dialihkan ke barat di Jl Sutan Syahrir. Sedangkan arus yang datang dari arah timur (Pasar Gede) akan dialihkan ke arah timur menuju Jl Juanda atau ke barat menuju Jl Sutan Syahrir. (Joglosemar/ Merdeka/ Timlo/ KR)

Tulisan berjudul Pemkot Solo Kembali Menggelar Shalawat Akbar di Depan Balaikota, 19 November 2014 terakhir diperbaharui pada Tuesday 18 November 2014 oleh Pejuang Ahlussunnah di Ngaji Yuk! - Kajian Ceramah Islam Ahlussunnah wal Jamaah.


2 thoughts on “Pemkot Solo Kembali Menggelar Shalawat Akbar di Depan Balaikota, 19 November 2014

Post Comment