Sanad Ilmu KH Hasyim Asy’ari Sampai ke Shohih Bukhori Muslim dan Al-Muwatho’ Imam Malik

SHARE & LIKE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •  

Hadlratusy Syaikh KH Hasyim Asy’ari, pendiri jam’iyyah Ahlussunnnah wal Jama’ah terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU), merupakan ulama yang memiliki banyak jalur sanad keilmuan kepada ulama-ulama terdahulu, bahkan sampai kepada para sahabat dan Rasulullah Shollallohu ‘Alaihi wa Alihi wa Shohbihi wa Sallam.

Terkait dengan pentignya sanad keilmuan, Imam Syafi’i rahimahullah mengatakan, “Tiada ilmu tanpa sanad”.

Organisasi NU merupakan organisasi ulama yang memiliki banyak jalur sanad karena memang menekankan pentinya sanad keilmuan. Berbeda halnya dengan beberapa organisasi lain. Inilah keberkahan Nahdlatul Ulama.

Ibnul Mubarak berkata, “Sanad merupakan bagian dari agama, kalaulah bukan karena sanad, maka pasti akan bisa berkata siapa saja yang mau dengan apa saja yang diinginkannya (dengan akal pikirannya sendiri).” (Diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Muqoddimah kitab Shahihnya 1/47 no:32).

Ulama yang shalih, ketika berkata dengan kitab Imam Al-Bukhari itu karena mereka sudah memiliki sanad kepada Imam Al-Bukhari, demikian pula yang lainnya. Hadlatusy Syaikh KH. Hasyim Asy’ari juga memiliki sanad penyusun Ash-Shahihain (Shahih al-Bukhari dan Muslim) serta sanad kepada Al-Muwaththa’ Imam Malik.

Berikut silsilah sanadnya:

SANAD KH HASYIM ASY’ARI SAMPAI SHAHIH AL-BUKHARI

سند الشيخ هاشم أشعري لصحيح البخاري :

قال رحمه الله : اتصلت الينا رواية صحيح البخاري سماعا من أوله الى آخره عن شيخنا العلامة محمد محفوظ بن عبد الله الجاوي ثم المكي قرأت عليه من أول سنة 1317 هـ الى 1319 هـ بمكة المكرمة وأجازني بقراته كما أجازني بقراءة غيره من كتب الحديث عن شيخه السيد أبي بكر بن محمد شطا المكي عن السيد احمد زيني دحلان عن الشيخ عثمان بن حسن الدمياطي عن الشيخ على الشنواني عن عيسى بن احمد البراوي عن الشيخ احمد الدفري عن الشيخ سالم بن عبد الله البصري عن والد عبد الله بن سالم البصري عن الشيخ محمد بن علاء الدين البابلي عن الشيخ سالم بن محمد السنهوري عن النجم محمد بن احمد الغيطي عن شيخ الإسلام زكريا الأنصاري بن محمد الأنصاري عن الحافظ احمد بن علي بن حجر العسقلاني عن ابراهيم بن احمد التنوخي عن ابى العباس بن ابي طالب الحجاز عن الحسين بن المبارك الزبيدي الحنبلي عن ابى الوقت عبد الأول بن عيسى السحزي عن أبي الحسين عبد الرحمن بن مظفر الداوودي عن أبي محمد عبد الله بن احمد السخسي عن أبي عبد الله بن محمد بن يوسف الفربوي عن جامعه الإمام أبى عبد الله محمد بن إسماعيل البخاري ابن المغيرة بن بردزبة رحمه الله ونفعنا به وبعلومه. آمين

SANAD KH HASYIM ASY’ARI SAMPAI KE SHAHIH AL-MUSLIM

وقال فى سنده لصحيح المسلم :

سماعا لبعصه وإجازة لباقيه على الشيخ محفوظ عن الشيخ أبي بكر شطا بسنده الى الشيخ عيسى البراوي عن الشيخ احمد بن عبد الفتاح الملوي عن الشيخ حسن الكودي عن أحمد بن محمد القشاشي عن الشمس محمد بن احمد الرملي عن الزيني زكريا بن محمد الأنصاري عن عبد الرحيم بن الفرات عن محمد بن الفرات عن محمد بن خليفة الدمشقي عن الحافظ عبد المؤمن بن خلف الدمياطي عن ابي الحسن المؤيد بن محمد الطوسي عن ابى عبد الله محمد بن الفضل الفراوي عن عبد الله الغافر بن محمد الفارسي عن ابي احمد محمد الجلودي عن ابى اسحاق محمد بن سفيان الفقيه النيسابوري عن الإمام الحافظ ابي الحسين مسلم بن الحجاج بن مسلم القشيري النيسابوري رضي الله تعالى عنهم ونفعنا بهم
.

SANAD KH HASYIM ASY’ARI SAMPAI KE AL-MUWATHTHA’ IMAM MALIK

و قال فى سنده للموطأ :
حصلت لنا رواية وإجازة بقراءة موطأ الإمام مالك عن شيخنا محمد محفوظ عن الشيد ىمين المدني عن الشيخ عبد الغني بن ابى سعيد العمري عن عبد العزيز بن احمد العمري عن والده احمد بن عبد الرحيم العمري عن محمد وفد الله المكي عن الحسن بن علي العجيمي عن عبد الله بن سالم البصري عن الشيخ عيسي المغربي عن الشيخ سلطان بن احمد المزاحي عن احمد بن خليل السبكى عن النجم محمد بن احمد الغيطي عن الشرف عبد الحق السنباطي عن البدر حسين بن حسين عن محمد بن جابر الوداشي عن ابي محمد عبد الله بن هارون القرطبي عن القاضي ابي القاسم احمد بن يزيد القرطبي عن محمد بن عبد الرحمن بن عبد الحق الخزرجي عن ابى عبد الله محمد بن فرج مولى ابي طلاع عن ابي الوليد يونس بن عبد الله بن مغيث الصفار عن ابي عيسى يحيى ابي عبد الله بن يحيى عن عم ابيه ابي مروان عبيد الله بن يحيى عن ابيه يحيى بن يحيى الليثي عن إمام دار الهجرة الحافظ الحجة مالك بن انس الأصبحي رضي الله عنهم ونفعنا بهم

Tulisan berjudul Sanad Ilmu KH Hasyim Asy’ari Sampai ke Shohih Bukhori Muslim dan Al-Muwatho’ Imam Malik terakhir diperbaharui pada Tuesday 10 February 2015 oleh Pejuang Ahlussunnah di Ngaji Yuk! - Kajian Ceramah Islam Ahlussunnah wal Jamaah.


Post Comment