Download MP3 Kajian Islam Ahlussunnah Bersama KH Said Aqil Siradj

SHARE & LIKE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •  

بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله رب العالمين وصلى الله على سيدنا محمد النبي الأمي وآله الطاهرين وصحابته أجمعين

Prof. DR. KH. Said Aqil Siradj, M.A. atau yang akrab disapa Kiai Siradj lahir di Cirebon, Jawa Barat, pada 3 Juli 1953. Beliau saat ini menjabat sebagai Ketua Umum (Tanfidziyah) Pengurus Besar Nahdlatul ‘Ulama (PBNU) periode 2010–2015. Sosok laki-laki religius ini mempunyai latar belakang agama yang kuat dan akademisi yang luas dalam ilmu Islam. Beliau pernah belajar di University of Umm Al-Qura untuk jenjang pendidikan S3 Jurusan Aqidah/ Filsafat Islam dan S2 Jurusan Perbandingan Agama, dan juga Universitas King Abdul Aziz, untuk jenjang S1 Jurusan Ushuluddin dan Dakwah. Dengan latar belakang ilmu pendidikan agama yang kuat inilah yang menjadikan modal Kiai Siradj dalam berdakwah dan memperjuangkan Islam di era baru ini.

Pendidikan Kiai Siradj diawali dengan mengaji di pesantren Ayahandanya yang masih mengacu pada pola tradisional sambil Sekolah Rakyat (SD). Setelah itu Said Aqil kecil meneruskan studi ke Pondok Pesantren Lirboyo Kediri Jawa Timur. Di pesantren ini Said Aqil belajar serius ilmu-ilmu agama di bawah bimbingan KH Mahrus Ali yang masih terbilang familinya. Belajar di pesantren adalah pilihan tunggal, karena sang ayah tidak mengizinkan Said Aqil meneruskan studi ke sekolah-sekolah umum.

Di Lirboyo, Said Aqil berhasil menyelesaikan studinya hingga tingkat Madrasah Aliyah (SMU). Menginjak bangku universitas, Said Aqil mencoba kuliah di Universitas Tribakti Lirboyo. Hanya saja Said Aqil merasa tidak puas. Ia memutuskan keluar dari Universitas Tribakti dan pindah ke IAIN Sunan Kalijaga sambil nyantri di Pondok Pesantren Krapyak Jogjakarta. Berawal ketika nyantri di Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta, Said Aqil mengenal Nurhayati, gadis yang ternyata tetangga desanya di Cirebon. Perkenalannya ini hingga membawa keduanya ke pelaminan pada tanggal 13 Juli 1977.

Bagi Said Aqil, Kota Jogjakarta ternyata tidak ubahnya Lirboyo. Rasa tidak puas yang menggelayutinya memaksa dia hengkang dari kota gudeg tersebut dan memutuskan untuk belajar ke Timur Tengah. Pilihannya jatuh kepada Universitas Umm al-Qura Mekkah Saudi Arabia. Perihal mengapa pilihannya jatuh kepada kota suci Makkah, Said Aqil berkomentar: “Universitas Umm al-Qura nyaris sama dengan Universitas Al-Azhar Mesir, karena dosen-dosennya mayoritas dari al-Azhar.” Maka pada 1980 ia pun berangkat ke Makkah dengan di temani sang isteri, Nurhayati. Memasuki tahun 1982 Said Aqil berhasil menyelesaikan studi S-1 jurusan Ushuluddin; S-2 jurusan perbandingan agama pada 1987; dan S-3 jurusan tasawuf filsafat pada 1994. “Saya bias sukses menyelesaikan studi di Umm al-Qura berkat isteri saya, rasanya tenang”, ungkap Kiai Siradj.

Setelah menyelesaikan studi di Universitas Umm al-Qura, KH Said Aqil Siradj diajak oleh KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) untuk berkiprah mengabdi di Nahdlatu Ulama, yang kemudian dipercaya sebagai Wakil Katib Aam PBNU saat forum Muktamar Cipasung, hingga akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum PBNU saat Muktamar di Makasar hingga sekarang ini di tahun 2015. Pada November 2014 lalu, Ketua Umum PBNU dikukuhkan sebagai Guru Besar Profesor Ilmu Tasawuf Fakultas Ushuludin dan Filsafat, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya.

Bagi sahabat/i yang penasaran dengan sosok KH Said Aqil Siradj, berikut kami sajikan beberapa rekaman audio mp3 kajian Islam ahlussunnah wal jama’ah (aswaja) bersama KH Said Aqil Siradj yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber referensi. Semoga bermanfaat dan matur NUwun.

DOWNLOAD MP3 KAJIAN ISLAM AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH BERSAMA KH SAID AQIL SIRADJ

Materi Kajian Download MP3
Pendidikan Pesantren Nahdlatul Ulama 12.2 MB
Peradaban Islam 11.2 MB
Islam dan Kebangsaan 1 20.2 MB 
Islam dan Kebangsaan 2 12.1 MB 
Islam dan Kebangsaan 3 15.8 MB 
Islam dan Kebangsaan 4 7.5 MB 
Islam dan Kebangsaan 5 20.3 MB 
Islam dan Kebangsaan 6 18.7 MB 
Islam dan Kebangsaan 7 15.0 MB 
Islam dan Kebangsaan 8 14.3 MB 
Tasawwuf 18.1 MB 
Reuni Alumni Lirboyo 10.5 MB 
Haul Sayyidina Husein RA 12.3 MB 
Peresmian Pengurus NU Kabupaten Magetan 14.3 MB 
Mau’idzoh Hasanah Maulid Nabi SAW 12.8 MB 
Maulid Nabi Muhammad SAW di PP Raudlatut Tolibin Rembang 12.7 MB 
Pengajian di SMA NU Al-Ma’ruf Kudus 16.0 MB 
Haul di PP Al Huda Kebumen 23.0 MB 
Pengajian di PP Khozinatul ‘Ulum Blora 22.1 MB 
Pengajian di Akhirussannah di PP Assyarifiyyah SGJ 11.6 MB 
Pengajian di Trenggalek 22.1 MB 
Mau’idzoh Hasanah di Majelis Riyadlul Jannah Malang 20.7 MB 
Mau’idzoh Hasanah di Majelis Ar-Raudhah Surakarta 16.3 MB 
Tulisan berjudul Download MP3 Kajian Islam Ahlussunnah Bersama KH Said Aqil Siradj terakhir diperbaharui pada Friday 27 March 2015 oleh Pejuang Ahlussunnah di Ngaji Yuk! - Kajian Ceramah Islam Ahlussunnah wal Jamaah.


One thought on “Download MP3 Kajian Islam Ahlussunnah Bersama KH Said Aqil Siradj

  1. As www . Saya sangat senang dan bersyukur bisa mendengarkan tausiah prof kh Sa’id Aqil Siradj, semoga bisa menambah wawasan saya terhadap pemahaman Islam yg sesungguhnya, karena saya sering salah paham dalam memperdalam agama sangat kurangnya pendidikan/pengetahuan agama, terutama dalam penyampaian arrisalah saya ingin sekali memiliki dan memahaminya, tetapi kemana ana hrs memacunya yg paling mudah mohon petunjuk selanjutnya, barakallah. Www

    Reply

Post Comment