Nasihat Syaikh Nizar Hammadi Kepada Orang yang Akan Menempuh Pernikahan

SHARE & LIKE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •  

Nasehat Syaikh Nizar Hammadi bagi siapapun yang akan menikah; semoga bermanfaat bagi yang memerlukannya;

Ini adalah beberapa nasehat singkat yang berguna yang ingin menempuh jenjang pernikahan, terutama kaum laki-laki:

  1. Haraplah dari istrimu keturunan demi kelangsungan hidup umat manusia, terutama umat Nabi Muhammad, dan tatanan rumah tangga yang merupakan inti utama dari masyarakat, bila tatanan rumah tangga baik maka tertatalah masyarakat.
  2. Janganlah mengutamakan syahwat semata-mata, karena syahwat merupakan hal yang juga dimiliki oleh binatang, maka dengan mengutamakan syahwat, hilanglah perbedaan dengan mereka.
  3. Jika niat tersebut telah terwujud, maka pilihlah:
    • Wanita yang sempurna akalnya (cerdas) demi terwujudnya tatanan rumah tangga, wanita yang bodoh dan yang kurang akalnya tidak akan mampu mengurus dirinya sendiri, maka bagaimana ia mampu mengurus orang lain.
    • Wanita yang terpelihara (iffah) lembut hatinya, pemalu, menutup mata (menjaga pandangannya) karena wanita yang fasik menjadi sebab bagi melenyapkan apa yang telah ada, maka tidak ada jalan untuk mencari yang belum wujud.
  4. Dan janganlah kamu suka dengan wanita yang berlebihan dalam kecantikan namun sunyi dari sifat-sifat tersebut, karena hal demikian merupakan sifat orang-orang yang lemah akal dan konyol pikirannya. Karena secara adat yang berlaku, wanita cantik sunyi dari akal dan iffah, lebih banyak mudharatnya dari manfaatnya, kelezatan bersamanya hanya sedikit, kebingungan lebih banyak bersama mereka. Adapun bila kecantikannya mengikuti kebagusan perangainya dan bersih hatinya maka tidaklah mengapa.
  5. Janganlah kamu loba dengan wanita yang banyak hartanya terlebih lagi yang sunyi dari perangai yang baik, karena hal demikian pasti menyakibatkan muncul ketidakseimbangan dan berbalik keadaan dengan cara berpindahnya kepemimpinan rumah tangga kepada istrinya, suami tidak akan menjadi pemimpin rumah tangga, maka hilanglah kepemimpinan rumah tangga dari matanya dan hilanglah wibawanya dari istrinya dan hancurlah sekalian urusan keduanya dengan sebab demikian.

هذه بعض النصائح الوجيزة المفيدة للمتأهلين للزواج لا سيما من الرجال:
1 ـ اقصد بزواجك النَّسل لبقاء النوع الإنساني لا سيما الأمة المحمدية، ونظام المنزل وهو النواة الأولى للمجتمع فبانتظامه ينتظم.
2 ـ ولا تقصد مجرّد الشهوة فإنه أمر يشاركك فيه سائر الحيوانات، فيضيع بذلك ما يميّزك عنها.
3 ـ وإذا تحقق ذلك القصد فاختر:
* ذات العقل لتحصيل نظام المنزل، فإن السفيهة السخيفة العقل لا تتمكن من تدبير نفسها فكيف تدبّر غيرها.
* وذات العفة رقيقة القلب حييَّة غاضّة الطرف؛ لأن ذات الفجور سببٌ لإتلاف الموجود فلا سبيل معها لتحصيل المفقود.
4 ـ ولا تكن راغبًا في ذات الجمال المفرط العرية من تلك الخصال، فإنّ ذلك من شأن أصحاب العقول الضعيفة والآراء السخيفة، إذ العادة جارية بأن الجميلة العرية عن العقل والعفة ضرَرُها غالب على نفعها؛ فاللذة بها يسيرة والحيرة معها كثيرة. أما إذا كان الجمال تابعا لحسن السيرة ونقاء السريرة فلا بأس.
4 ـ ولا تطمع في ذات المال لا سيما العرية عن جميل الخصال، فإن ذلك يؤدي حتما إلى الاختلال وانقلاب الحال حيث تنتقل رئاسة المنزل إليها ولا يكون الزوج قواما عليها إنفاقًا فيسقط من عينها وتضيع هيبته من نفسها وتختل بذلك جميع شؤونهما.

Oleh: Syaikh Nizar Hammadi, dialihbahasakan oleh Ustadz Mursyidi Abdurrahman bin ‘Aly bin ‘Isa Al Asyi, Aceh.

Tulisan berjudul Nasihat Syaikh Nizar Hammadi Kepada Orang yang Akan Menempuh Pernikahan terakhir diperbaharui pada Sunday 3 May 2015 oleh Pejuang Ahlussunnah di Ngaji Yuk! - Kajian Ceramah Islam Ahlussunnah wal Jamaah.


Post Comment