Inilah Rangkaian Agenda Peringatan Hari Santri Nasional (HASAN)

SHARE & LIKE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •  

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berkomitmen untuk memperingati Hari Santri Nasional (HASAN) pada 22 Oktober secara meriah. Sejumlah agenda tengah disiapkan antara lain dengan menggelar Kirab Hari Santri Nasional dari Tugu Pahlawan Surabaya hingga Tugu Proklamasi Jakarta, 16-22 Oktober 2015.

Dalam bentang waktu itu, di atas laut akan ada Ekspedisi Pelayaran Hari Santri Nasional yang bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut. Selama ekspedisi yang bakal diselenggarakan dengan kapal perang itu akan dilaksanakan apel laut lintas Jakarta-Surabaya-Bali.

PBNU telah berkoordinasi dengan PWNU, PCNU, Universitas NU (UNU), dan badan otonom NU se-Indonesia untuk bersama-sama meramaikan Hari Santri Nasional mulai 16 Oktober 2015 di antaranya dengan ziarah napak tilas pendiri NU setempat, bahtsul masail, karnaval atau jalan sehat, diskusi intensif, serta kegiatan bakti sosial seperti pengobatan gratis dan donor darah di daerah masing-masing.

Pada 19-20 Oktober 2015 PBNU akan menyelenggarakan pemutaran film “Sang Kiai” dan Pameran Foto/Lukisan Hari Santri Nasional di beberapa hotel di Jakarta dengan melibatkan komunitas-komunitas fotografi dan lukisan.

Sementara pagelaran wayang, konser musik religi, dan hadrah bakal dilaksanakan di halaman kantor PBNU, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta, pada 20 Oktober 2015. Menurut Aizzuddin Abdurrahman, koordinator nasional Kirab Hari Santri, pertunjukan seni disuguhkan untuk meneladani kiprah Wali Songo yang menggunakan strategi kebudayaan dalam dakwahnya.

PCNU juga diimbau untuk menginstruksikan MWCNU menggelar Lailatul Ijtima’ Nusantara yang diisi dengan membedah manaqib pendiri NU dan tokoh lokal di masing-masing daerah. Ada pula Lomba Karya Ilmiah dan Kuis Hari Santri. Mekanisme lomba dan kuis akan diumumkan di www.harisantri.id.

Pada puncak peringatan 22 Oktober 2015, PWNU diimbau menyelenggarakan Istighotsah, Pengajian Umum, dan Haul Akbar Muassis NU di masjid jami’ provinsi masing-masing dengan mengundang Nahdliyin, PCNU, dan masyarakat secara umum.

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj mengatakan, peringatan Hari Santri Nasional penting untuk meneguhkan jati diri umat Islam Indonesia yang mencintai tanah airnya. Di balik tanggal 22 Oktober, saat diserukannya Resolusi Jihad, terdapat pesan sejarah bahwa muslim Indonesia anti terhadap kolonialisme dan mampu bersatu dalam kebhinnekaan dengan semangat kebangsaan.

Menurutnya, hari santri ialah hari orang Indonesia yang beragama Islam. Hari santri bukan sejenis hari raya yang bisa diperingati secara universal di seluruh dunia karena ia khas Indonesia. Sudah semestinya momen yang dipilih merepresentasikan substansi kesantrian, yakni spiritualitas dan patriotisme.

“Dalam konteks global, substansi ini merupakan anugerah yang belum tentu dimiliki umat Islam di belahan bumi lain,” ujarnya dalam konferesi pers di gedung PBNU, Jakarta, Selasa (6/10/2015). Turut mendampingi Sekjen PBNU Helmy Faisal Zaini, Ketua PBNU H Aizzuddin Abdurrahman, Ketua PBNU H Hasib Wahab, dan Letkol Arie Sutrisno.

RENCANA KEGIATAN KIRAB HARI SANTRI NASIONAL 22 OKTOBER

No Kegiatan Tempat, Tanggal Pelaksanaan Pelaksana Keterangan
1 Ziarah Kolektif “Napak Tilas Pendiri NU Setempat” 16 – 21 Oktober 2015 PW/PC/MWC NU melibatkan banom, lembaga, pondok pesantren, sekolah-sekolah Ma’arif Kegiatan ziarah ke maqom para wali, pendiri-pendiri NU setempat, syuhada’ sholihin ini dilakukan dengan melibatkan tokoh masyarakat, pondok pesantren, komunitas-komunitas NU, warga nahdliyyin, banom-banom NU, lembaga-lembaga NU, dan masyarakat setempat.
2 Lailatul Ijtima’ Nusantara – Tumpengan Hari Santri Nasional“Manaqib Mu’assis NU / Bedah Tokoh Lokal 21 Oktober 2015 MWC NU se-Indonesia PCNU menginstruksikan MWC NU untuk menggelar Lailatul Ijtima’ dimasjid-masjid yang disepakati,Pengurus MWC mengundang warga nahdliyyin sebanyak mungkin pada saat yang bersamaan yaitu pukul 19.30 WIB/WITA/WIT.
3 Wayangan Hari Santri, Konser Musik Religi, Hadrah Halaman Kantor PBNU, 20 Oktober 2015 PP LESBUMI Pesan:1.Budaya Islam Nusantara

2.Genealogi santri

3. Menghapus trikotomi santri, abangan, priyayi.

4 Karnaval/Jalan Sehat Hari Santri 16 – 22 Oktober 2015 PCNU Se-Indonesia Kegiatan ini melibatkan warga nahdliyyin, lembaga pendidikan/ pondok pesantren setempat
5 Pengobatan Gratis, Donor Darah & Bakti Sosial 16 – 22 Oktober 2015 PW/PCNU se-Indonesia Kegiatan ini dilakukan di kantor-kantor PW/PC NU se-Indonesia dengan melibatkan banom dan lembaga untuk memberikan pelayanan pengobatan gratis atau mengajak partisipasi warga nahdliyyin dan masyarakat melakukan donor darah.
6 Pemutaran film “Sang Kiai” &Pameran foto/lukisan “Hari Santri Nasional” 19-21 Oktober 2015 PW/PC/MWC NU/Pesantren/Komunitas NU Kegiatan ini dilaksanakan di gedung PBNU dengan melibatkan komuitas-komunitas fotographi dan pameran lukisan dibeberapa hotel di Jakarta
8 Bahtsul Masail 16-20 Oktober 2015 PWNU, Lembaga Bahtsul Masail Kegiatan ini dilakukan oleh PWNU dan Lembaga Bahtsul Masail yang dilaksanakan dibeberapa PWNU dengan as’ilah-as’ilah yang berkaitan dengan Hari Santri.
9 Focus Group Discussion 16 – 21 Oktober 2015 PWNU se-Indonesia dan UNU di daerah FGD ini dilaksanakan dengan mengundang tokoh-tokoh nasional dan profesional dari banyak pihak dan disiplin ilmu untuk mendukung dan memperkuat ditetapkannya Hari Santri Nasional
10 Istighotsah, Pengajian Umum & Haul Akbar Muassis NU 22 Oktober 2015 PWNU Diselenggarakan oleh PWNU di masjid jami’ provinsi masing-masing dengan mengundang warga nahdliyyin, PCNU dan masyarakat setempat
11 Lomba Karya Ilmiah & Kuis “Hari Santri Nasional” PP LTN NU Mekanisme Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Kuis diumumkan di www.harisantri.id, pemenang diumumkan pada 22 Oktober di Tugu Proklamasi
12 Kirab Hari Santri Nasional 16 – 22 Oktober 2015 Koornas (PBNU) Kirab Hari santri Nasional start dari Tugu Pahlawan Surabaya melewati 30 PCNU sepanjang jalur Pantura, finish di Tugu Proklamasi Jakarta.
13 Ekspedisi Pelayaran Hari Santri Nasional 16 – 22 Okt 2015 TNI AL Apel laut lintas Jakarta – Surabaya – Bali
Tulisan berjudul Inilah Rangkaian Agenda Peringatan Hari Santri Nasional (HASAN) terakhir diperbaharui pada Friday 9 October 2015 oleh Pejuang Ahlussunnah di Ngaji Yuk! - Kajian Ceramah Islam Ahlussunnah wal Jamaah.


Post Comment