MP3 Kajian Islam UNS Bersholawat Bersama Habib Muhammad Al Habsyi Solo

SHARE & LIKE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •  
Sekitar 180-an jama'ah memadati Selasar Utara Masjid Nurul Huda UNS Surakarta dalam rangka mengikuti rutinan Kajian Islam UNS Bersholawat pada Kamis, (25/02/2016). Foto: Muhammad Muchtar.
Sekitar 180-an jama’ah memadati Selasar Utara Masjid Nurul Huda UNS Surakarta dalam rangka mengikuti rutinan Kajian Islam UNS Bersholawat pada Kamis, (25/02/2016). Foto: Muhammad Muchtar.

بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله رب العالمين وصلى الله على سيدنا محمد النبي الأمي وآله الطاهرين وصحابته أجمعين

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman di dalam Quran Surat Al-Baqarah ayat 30,

 إِنِّيْ جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيْفَةً

Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi (Quran Surat Al-Baqarah: 30).

Makna khalifah dalam ayat di atas dapat diartikan sebagai pemimpin, dan dapat pula dimaknai sebagai satu generasi yang nanti akan digantikan oleh generasi berikutnya, yakni manusia.

Rasulullah Shollallohu ‘Alaihi wa Alihi wa Shohbihi wa Sallam bersabda,

نَصَرَنِي الشَّبَابُ وَخَذَلَنِي الشُّيُوْخُ

Aku ini banyak ditolong oleh para pemuda dan aku ini banyak direpotkan oleh para orang tua.

Artinya apa, para pemuda itu menjadi tonggak bagi kebangkitan suatu bangsa dan agama. Itu semua ada di tangan pemuda, yang kelak akan menjadi pemimpin (khalifah).

Para ahli tafsir menyatakan khalifah yang pertama kali diciptakan di alam yang berbentuk jasad adalah Nabi ‘Adam ‘Alaihis Salam, sedangkan khalifah yang pertama kali diciptakan di alam ruh adalah Nabi Muhammad Rasulullah Shollallohu ‘Alaihi wa Alihi wa Shohbihi wa Sallam. Karena Rasulullah Shollallohu ‘Alaihi wa Alihi wa Shohbihi wa Sallam merupakan ciptaan Allah yang pertama, Nur Muhammad Shollallohu ‘Alaihi wa Alihi wa Shohbihi wa Sallam adalah ciptaan Allah yang pertama di alam semesta.

Memang ada beberapa versi dari para ulama terkait ciptaan Allah yang pertama yang semuanya didasarkan atas hadits-hadits Rasulullah Shollallohu ‘Alaihi wa Alihi wa Shohbihi wa Sallam. Namun, menurut para ulama ahlussunnah wal jama’ah, riwayat yang paling kuat adalah hadits yang menyatakan bahwasanya cipataan Allah Subhanahu wa Ta’ala yang pertama adalah Nur Muhammad Shollallohu ‘Alaihi wa Alihi wa Shohbihi wa Sallam.

Rasulullah Shollallohu ‘Alaihi wa Alihi wa Shohbihi wa Sallam bersabda,

كُنْتُ نَبِيًّا وَآدَمَ مُنْجَدِلٌ فِيْ طِيْنَتِهِ

Aku sudah menjadi Nabi, ketika Adam masih berupa tanah.

Oleh karena itu, para ulama menyimpulkan khalifah Allah yang pertama dalam bentuk jasad adalah Nabi ‘Adam ‘Alaihissalam, sedangkan khalifah di alam ruh yang pertama kali adalah Nabi Muhammad Rasulullah Shollallohu ‘Alaihi wa Alihi wa Shohbihi wa Sallam.

Manusia adalah khalifah. Sebagai Khalifah Allah yang diturunkan di muka bumi ini tentu saja ada mandat atau tugas-tugas yang mesti dilaksanakan. Imam Al-Baidhawi di dalam kitab tafsirnya mengatakan bahwa setiap khalifah di muka bumi ini mempunyai beberapa tugas, dan diantara tugas khalifah yang paling penting adalah:

 لِعِمَارَةِ الْأَرْضِ وَسِيَاسَةِ النَّاسِ وَتَهْذِيْبِ نُفُوْسِهِمْ

  1. Memakmurkan bumi,
  2. Mengurus manusia, dan
  3. Membentuk manusia agar punya karakter yang mulia yang berakhlakul karimah.
Habib Muhammad bin Husein bin Anis Al-Habsyi sedang memberikan mau'idzoh hasanah dalam rutinan kajian Islam UNS Bersholawat
Habib Muhammad bin Husein bin Anis Al-Habsyi. Foto: Muhammad Muchtar.

Itulah beberapa tugas penting yang diemban oleh seorang khalifah di muka bumi ini. Kemudian mungkin muncul pertanyaan, apa maksud dari tugas khalifah untuk memakmurkan bumi, bagaimana caranya seorang khalifah dalam mengurus manusia dan bagaimana pula caranya dalam membentuk manusia agar memiliki jiwa dan karakter yang mulia, yang baik, dan berakhlakul karimah. Silahkan temukan jawaban dan penjelasannya langsung dari Sayyidil Habib Muhammad bin Husein Anis Al-Habsyi melalui mp3 audio rekaman kajian Islam UNS Bersholawat yang sudah kami sediakan.

Kajian Islam ahlussunnah wal jama’ah bertajuk UNS Bersholawat yang diadakan pada Kamis, 16 Jumadil Ula 1437 Hijriah/ 25 Februari 2016, bertempat di Selasar Utara Masjid Nurul Huda UNS Surakarta dihadiri sekitar hampir 200-an jamaah yang didominasi oleh para mahasiswa/ mahasiswi UNS Surakarta. Hadir pula beberapa mahasiswa/ mahasiswi dan pemuda/ pemudi di luar lingkungan kampus UNS Surakarta. Kajian yang diselenggarakn oleh PMII Komisariat Kentingan Solo dan Komunitas Kentingan Bersholawat UNS Solo ini insya Allah rutin diadakan setiap sebulan sekali di Masjid NH UNS Surakarta. Untuk informasi selengkapnyai, silahkan bergabung bersama Komunitas Kentingan Bershalawat kampus UNS Solo melalui Facebook atau Twitter.

DOWNLOAD MP3 KAJIAN ISLAM UNS BERSHOLAWAT BERSAMA HABIB MUHAMMAD AL HABSYI SOLO

Keterangan:

  • Penceramah: Sayyidil Habib Muhammad bin Husein bin Anis Al-Habsyi
  • Tema: Tugas Khalifah di Muka Bumi
  • Waktu: 16 Jumadil Ula 1437 H/ 25 Februari 2016
  • Tempat: Selasar Utara Masjid Nurul Huda UNS Solo
  • Durasi File: 49 menit, 58 detik
  • Ukuran File: 17.2 MB
Tulisan berjudul MP3 Kajian Islam UNS Bersholawat Bersama Habib Muhammad Al Habsyi Solo terakhir diperbaharui pada Sunday 28 February 2016 oleh Pejuang Ahlussunnah di Ngaji Yuk! - Kajian Ceramah Islam Ahlussunnah wal Jamaah.


One thought on “MP3 Kajian Islam UNS Bersholawat Bersama Habib Muhammad Al Habsyi Solo

Post Comment