Pengumuman Lembaga Falakiyah PBNU Tentang Gerhana Matahari Total

SHARE & LIKE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •  

Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengumumkan bahwa peristiwa gerhana matahari total jatuh pada Rabu pagi, 9 Maret 2016. Penetapan ini didasarkan pada hasil hisab Lembaga Falakiyah PBNU dengan menggunakan markaz Jakarta.

“Gerhana matahari total (GMT) insya Allah terjadi pada 9 Maret yang bertepatan dengan 29 Jumadil Ula 1437 H,” kata Ketua Lembaga Falakiyah PBNU KH A Ghazali Masroeri.

Berdasarkan hisab lembaga ini, gerhana matahari total yang akan terlihat dari Indonesia terjadi dalam beberapa fase dengan Waktu Indonesia Barat.

Fase pertama adalah awal gerhana matahari sebagian yang jatuh pada pukul 6:30. Sementara fase awal gerhana matahari total bertepatan pada pukul 7:22. Fase pertengahan gerhana matahari total berlangsung pada pukul 7:23. Sementara akhir gerhana matahari total jatuh pada jam 7:24. Sedangkan akhir gerhana matahari sebagian berlangsung pada jam 8:34.

Di luar daerah WIB gerhana matahari terjadi sesuai dengan waktu setempat. Menurut Lembaga Falakiyah PBNU, GMT akan melewati wilayah di Indonesia antara lain Palembang, Bangka Belitung, Sampit, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Poso, Luwuk, Ternate, dan Halmahera. Sedangkan wilayah Indonesia lainnya akan mengalami gerhana matahari sebagian.

Lembaga Falakiyah PBNU mengajak umat Islam secara umum memanfaatkan momen ini untuk melakukan pengamatan, shalat gerhana, dzikir, kegiatan sosial, atau aktivitas kefalakiyahan lainnya.

Gerhana matahari merupakan fenomena yang sangat langka terjadi. Dalam setahun fenomena gerhana matahari terjadi 2-5 kali. Fenomena ini bisa hanya disaksikan oleh warga di beberapa tempat di belahan bumi,” kata staf harian Lembaga Falakiyah PBNU Khairurraji di Jakarta, Kamis (18/2/2016) siang.

Gerhana matahari merupakan fenomena alam yang jika diamati dari bumi terlihat bulan menutupi matahari sehingga terjadi kontak yang disebut dengan gerhana matahari. Gerhana matahari akan terjadi pada saat ijtima’ (konjungsi) di mana bulan dan matahari berada pada salah satu titik simpul atau di dekatnya.

Dan berikut adalah maklumat lengkap Lembaga Falakiyah PBNU terkait Gerhana Matahari Total yang akan terjadi di Indonesia dalam waktu dekat:

PENGUMUMAN
LEMBAGA FALAKIYAH PENGURUS BESAR NAHDLATUL ULAMA
No: 007/LF-PBNU/II/2016
TENTANG
GERHANA MATAHARI TOTAL

Assalaamu’alaikum Wr.Wb.
Bismillaahirrahmaanirrahiim

Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dengan ini mema’lumkam kepada umat Islam tentang Gerhana Matahari Total (GMT) sebagai berikut :

I. Berdasarkan hisab Lembaga Falakiyah PBNU dengan menggunakan markaz Jakarta, bahwa GMT Insya Allah terjadi pada tanggal 09 Maret 2016 bertepatan 29 Jumadil Ula 1437 H. GMT yang akan terlihat dari Indonesia itu terjadi dalam fase-fase, dengan Waktu Indonesia Barat, sebagai berikut :

1. Awal Gerhana Matahari Sebagian : pk. 06:20:58 WIB
2. Awal GMT : Pk. 07:22:14 WIB
3. Pertengahan GMT : pk. 07:23:16 WIB
4. Akhir GMT : pk. 07:24:18 WIB
5. Akhir Gerhana Matahari Sebagian : pk. 08:34:21 WIB

Adapun di daerah lain, Gerhana terjadi sesuai dengan waktu setempat.

II. GMT ini akan melewati wilayah di Indonesia antara lain Palembang, Bangka, Belitung, Sampit, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Poso, Luwuk, Ternate, dan Halmahera. Sedangkan wilayah Indonesia lainnya akan mengalami Gerhana Matahari Sebagian.

III. Peristiwa yang sangat langka dan istimewa ini perlu kita sambut dengan kegiatan pengamatan, sholat gerhana, dzikir, kegiatan sosial dan kegiatan kefalakiyahan lainnya.

IV. Diharapkan Lembaga Falakiyah PW/ PC NU se-Indonesia agar bertindak aktif mengajak umat untuk melakukan kegiatan tersebut.

V. Untuk melaksanakan pengamatan, melihat langsung ke GMT diperlukan alat pelindung mata khusus (kacamata matahari) yang bisa diperoleh melalui sekretariat LF PBNU (Sdr. Khairurraji, Telp. Kantor: 021-31909735, HP: dan 0852-5172-4942).

Wallaahul Muwaffiq ilaa Aqwamith Thoriiq
Wassalaamu’alaikum Wr.Wb.

Jakarta, 29 Rabiul Tsani 1437 H/ 09 Februari 2016 M

LEMBAGA FALAKIYAH
PENGURUS BESAR NAHDLATUL ULAMA

Ketua
ttd
Drs. KH. A. Ghazalie Masroeri

Sekretaris
ttd
H. Nahari Muslih, SH

Pengumuman Lembaga Falakiyah PBNU Tentang Gerhana Matahari Total
Pengumuman dan himbauan Lembaga Falakiyah PBNU terkait Gerhana Matahari Total yang akan terjadi pada 9 Maret 2016 di Indonesia. Foto: LF PBNU.

Sumber: Redaksi NU Online.

Tulisan berjudul Pengumuman Lembaga Falakiyah PBNU Tentang Gerhana Matahari Total terakhir diperbaharui pada Saturday 27 February 2016 oleh Pejuang Ahlussunnah di Ngaji Yuk! - Kajian Ceramah Islam Ahlussunnah wal Jamaah.


5 thoughts on “Pengumuman Lembaga Falakiyah PBNU Tentang Gerhana Matahari Total

Post Comment