Sambutan Rais Aam PBNU KH Ma’ruf Amin Menyongsong Hari Santri Nasional 2016

SHARE & LIKE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •  

Sambutan Rais Aam PBNU KH Ma’ruf Amin Menyongsong Hari Santri Nasional 2016

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
بسم الله والحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

Marilah kita bersyukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala karena Hari Santri sudah ditetapkan sebagai hari nasional dan ini memberikan petunjuk bahwa negara mengakui perjuangan umat Islam di dalam rangka membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari penjajahan, khususnya bagi kaum santri.

Kaum santri memang diajarkan bukan hanya sekedar memahami ajaran-ajaran agama, bukan hanya menjadi orang-orang yang mutafaqqihin fid din, tetapi juga menjadi orang-orang yang berjuang membela kebenaran, membela agama, bangsa dan negara, termasuk mujahidin. Karena itu, maka kaum santri ketika melihat adanya ancaman terhadap kehidupan bangsa seperti yang terjadi pada saat kembalinya penjajahan mengambil kembali Indonesia maka kaum santri dengan tanpa komando dan hanya seruan para ulama, dengan berjibaku dan siap mengorbankan apa saja termasuk nyawanya, dan mereka tampil untuk mempertahankan dan membela negara.

Jiwa bela negara yang dimiliki santri itulah merupakan buah hasil gemblengan para ulama, para kiai yang telah menanamkan prinsip hubbul wathon minal iman, cinta tanah air temasuk daripada iman.

Kalau pada masa yang lalu, para santri dan pimpinan para ulama berjuang secara fisik untuk mempertahankan negara dan mengusir penjajahan, maka tantangan yang kita hadapi sekarang adalah berbeda, tetapi intinya sama saja. Yaitu adanya pihak-pihak yang akan merusak tatanan kehidupan baik dari luar maupun dari dalam negeri sendiri. Karena itu kewajiban para santri sekarang adalah menjaga, mempertahankan negara yang telah diproklamirkan oleh para pendahulu, para founding fathers, yang telah memproklamirkan negara ini dan mengorbankan segala jiwa dan raganya, maka kewajiban kita sekarang adalah menjaganya supaya negara ini tidak dibelokan oleh kelompok-kelompok tertentu baik ekstrem kanan maupun ekstrem kiri. Dari orang-orang yang ingin mengganti Pancasila ataupun menafsirkan Pancasila secara tidak benar atau melakukan sekularisasi terhadap Pancasila.

Dan yang kedua adalah menjaga agar negara mampu mewujudkan cita-citanya di dalam menyejahterakan rakyat dan bangsa Indonesia. Karena itu, maka sekarang para santri dimanapun kalian berada harus tetap berjuang dan berada di depan dalam menjaga dan membela negara Republik Indonesia dari upaya-upaya pembelokan, penghancuran, atau pelemahan daripada negara tidak menjalankan tugas-tugas kenegaraan dan kebangsaannya. Terimakasih.

و السلام عليكم و رحمة الله ﻭ ﺑﺮﻛﺎﺗﻪ

(Courtesy video and uploaded by 164 Channel)

Tulisan berjudul Sambutan Rais Aam PBNU KH Ma’ruf Amin Menyongsong Hari Santri Nasional 2016 terakhir diperbaharui pada Friday 14 October 2016 oleh Pejuang Ahlussunnah di Ngaji Yuk! - Kajian Ceramah Islam Ahlussunnah wal Jamaah.


2 thoughts on “Sambutan Rais Aam PBNU KH Ma’ruf Amin Menyongsong Hari Santri Nasional 2016

Post Comment